REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Apple berupaya keras meningkatkan penetrasi pasr ke India. Laman The Times of India menulis, selama bertahun-tahun, India merupakan wilayah yang tidak menjadi prioritas untuk penjualan produk Apple. Namun, kini Apple berupaya mengejar penujualan di India dibandingkan di negara lain.
Pada bulan April hingga Juni, untuk pertama kalinya penjualan Apple di India melampaui pertumbuhan penjualan di Cina. Pertumbuhan penjualan mencapai 93 persen. Meskipun harus diakui pertumbuhan yang tinggi ini disebabkan karena basis penjualan yang masih rendah. Apple selama ini hanya memiliki 2 persen pangsa pasar di India. Sementara, Samsung menyumbangkan sekitar sepertiga dengan produk Android mereka.
"Apple sadar untuk memperluas distribusi di India dan mendorong pengembangan produknya secara lebih agresif," ujar Jaideep Metha, direktur Apple untuk India dan Asia Selatan.
Apple kini membawa seorang senior eksekutif baru untuk meningkatkan penjualan di pasar India. Analis mengatakan untuk bisa laris manis di India, Apple disarankan untuk menjual produk lebih murah. Hal ini diamini oleh Metha. Metha mengatakan Apple menawarkan beberapa strategi penjualan khusus di India. Misalnya, Apple menawarkan skema angsuran bulanan untuk produk iPhone 6. Apple juga telah meluncurkan Apple Music, sebuah layanan berbasis cloud yang harganya satu per lima dibandingkan harga di Amerika. Dengan strategi ini, Apple ingin lebih serius menargetkan penetrasi pasar di negara tersebut.