RES :Array
(
    [page] => 1
    [limit] => 10
    [explicit] => 
    [total] => 1
    [has_more] => 
    [list] => Array
        (
            [0] => Array
                (
                    [id] => x8aduig
                    [title] => Tinjau Dua KEK di Batam, Airlangga Harap Target Investasi Tercapai
                    [owner] => x253sru
                    [duration] => 95
                    [owner.views_total] => 80966702
                    [views_total] => 434
                )

        )

)
Tinjau Dua KEK di Batam, Airlangga Harap Target Investasi Tercapai

Kamis 28 Apr 2022 06:18 WIB

Red: Wisnu Aji Prasetiyo

Tinjau Dua KEK di Batam, Airlangga Harap Target Investasi Tercapai

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau KEK Batam Aero Technic (BAT) dan KEK Nongsa Digital Park (NDP).

Kunjungan tersebut selain untuk meninjau langsung kemajuan pembangunan sejak ditetapkannya kedua lokasi tersebut sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, juga sekaligus untuk mendorong akselerasi investasi. Kunjungan pertama dilakukan Menko Airlangga ke KEK BAT yang beroperasi sebagai KEK berdasarkan PP Nomor 67 Tahun 2021 dan berfokus pada kegiatan industri berbasis Maintenance, Repair, dan Overhaul (MRO) pesawat udara serta logistik.

Menko Airlangga menjelaskan dengan dibangunnya BAT tersebut diperkirakan akan menghemat devisa 65%-70% dari kebutuhan MRO dari maskapai penerbangan nasional senilai Rp26 triliun/tahun yang selama ini mengalir ke luar negeri.

Airlangga juga meninjau KEK NDP yang memiliki luas 166,45 hektare dan beroperasi sebagai KEK melalui PP Nomor 68 Tahun 2021 serta dikembangkan untuk berbagai kegiatan yang antara lain mencakup riset, ekonomi digital, dan pengembangan teknologi serta pariwisata, pendidikan, dan industri kreatif. Menurut Airlangga, KEK NDP dapat berperan sebagai entry point untuk perusahaan IT internasional, baik dari Singapura maupun negara lainnya serta menjadi IT Hub Digital Bridge Indonesia ke Singapura dan dunia internasional.

 

 

Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo