Ahad 15 Jul 2012 22:30 WIB

Garuda Muda Kandaskan Singapura 2-0

Red: Yudha Manggala P Putra
Pesepakbola Indonesia Hendra Adi Bayauw (kiri) berebut bola dengan pesepakbola Singapura Ali Hudzaifi (kanan) dalam pertandingan babak kualifikasi grup E Piala Asia (AFC) U-22 di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Riau, Ahad (15/7)
Foto: ANTARA
Pesepakbola Indonesia Hendra Adi Bayauw (kiri) berebut bola dengan pesepakbola Singapura Ali Hudzaifi (kanan) dalam pertandingan babak kualifikasi grup E Piala Asia (AFC) U-22 di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Riau, Ahad (15/7)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU - Timnas Garuda Muda mengandaskan Singapura 2-0 pada pertandingan terakhir kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E di Stadion Utama Riau, Ahad (15/7).

Dua gol diciptakan oleh Agung Supriyanto, yang pada penghujung pertandingan dikartumerah wasit.

Agung menjebol gawang Singapura melalui tendangan penalti pada menit 62 dan satu gol lagi diciptakan melalui tendangan kerasnya pada menit 69 meski sebelumnya dipressing ketat oleh pemain Singapura.

Dengan meraih tiga angka ini maka Indonesia mampu finis di urutan ketiga dengan sembilan poin. 

Kemenangan ini juga memutus upaya Singapura untuk lolos secara otomatis ke putaran final Piala Asia U-22 2013. Sehingga Jepang dan Australia yang mewakili Grup E.

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit awal babak pertama ditiupkan, Indonesia langsung tampil menekan dengan menebar sejumlah ancaman.

Meski sudah tidak memiliki peluang lolos, anak anak asuh pelatih Aji Santoso terlihat ngotot menutup pertandingan pamungkas dengan kemenangan. 

Pada menit 10, tendangan terarah dari Rasyid hampir saja menjebol gawang Singapura. Namun, bola masih membentur mistar gawang dan keluar lapangan.

Sembilan menit berselang dari percobaan pertama, Fandy Eko Utomo mendapatkan peluang emas, hanya saja tendangannya mampu ditahan oleh barisan pertahanan Singapura. Begitu juga peluang emas dari Agung Supriyanto. Tendangan kerasnya kembali tertahan pemain Singapura.

Kini giliran Hendra Adi Bayauw. Pemain dengan nomor punggung 9 ini mengancam gawang dengan tendangan kerasnya pada menit 30. Hanya saja tendangan terarah itu mampu ditepis oleh Muhammad Syazwan bin Buhari. 

Begitu juga dengan sontekan Fandy Eko Utomo menit 34. Meski tinggal berhadapan dengan penjaga gawang, sontekannya masih melambung diatas mistar gawang Singapura.

Diakhir babak pertama kedua tim mempunyai banyak peluang untuk menciptakan gol. Hanya saja hingga turun minum tidak ada satupun gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua Timnas Garuda Muda langsung bermain agresif. Meski bola pertama dipegang oleh Singapura, Rasyid dan kawan-kawan langsung melakukan pressing ketat. 

Sejumlah peluang emas sempat diperoleh Agung Supriyanto maupun Hendra Adi Bayauw. Namun upaya untuk memecahkan kebuntuan baru terjadi pada menit 62. 

Berawal pelanggaran pemain belakang Singapura di kotak terlarang akhirnya wasit menunjuk titik putih. Agung ditunjuk sebagai algojo, hanya saja tendangannya membentur gawang. 

Untung wasit memberikan kesempatan kedua, akhirnya pemain dengan nomor punggung 18 itu mampu menjebol gawang Singapura dan mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Indonesia.

Pada menit 69, Agung Supriyanto yang juga seorang anggota TNI ini mampu menggandakan kedudukan setelah mampu memperdayai pemain belakang dan penjaga gawang Singapura. Stadionpun kembali dibuatnya bergemuruh.

Di masa perpanjangan waktu tempo permainan meningkat hingga Agung Supriyanto mendapatkan kartu kuning kedua (kartu merah) karena melakukan pelanggaran keras pada pemain Singapura.

Pertandingan kembali dibumbui dengan permainan keras. Hanya saja hingga peluit panjang tanda pertandingan usai ditiup oleh wasit Yaqoob Said Abdullah Abdul Baqi (Oman) kedudukan tetap 2-0 untuk kemenangan Indonesia.

Susunan pemain:

Indonesia: Aji Saka (pg), Dany Saputra, Nurmufid (k)/KK, Hendra Adi Bayauw/Ridwan Awaludin, Rasyid, Agung Supriyanto/KK/KM, Agus Nova/Syaiful Indra Cahya, Safrudin Tahar, Syahroni, Bima Ragil Satria Rakasiwi/Kurniawan dan Fandy Eko Utomo.

Singapura: Muhammad Syazwan Bin Buhari (pg), Muhammad Al-Qaasimy Bin Abdul Rahman, Ali Hudzaifi Bin Mohd Yuso/Amy Rechaf, Madhu M Mohana, Safirul Bin Sulaiman, Muhammad Faris Bin Ramli, Shamil Sharif, Muhammed Aqhari Bin Abdullah, Sheikh Abdul Hadi SH Otman, Muhammad Raihan Bin Abdul Rahman dan Fareez/Ahmad Suhaimi.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement