Empat Saran Pemerintah untuk Konsumsi Makanan Aman di Hari Lebaran

Rep: neni ridarineni/ Red: Muhammad Hafil

Senin 28 Jul 2014 00:45 WIB

 Pedagang menggelar kulit ketupat di Pasar Kanoman, Cirebon, Ahad (27/7). (Republika/ Wihdan) Pedagang menggelar kulit ketupat di Pasar Kanoman, Cirebon, Ahad (27/7). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, Lebaran tak lepas dari makan-makan. Agar kita bisa merayakan Lebaran dengan mengonsumsi  makanan yang sehat dan aman, Kepala  Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama memberikan empat saran keamanan dalam pengolahan makanan:

 

1. Jaga kebersihan di tempat mengolah dan memasak makanan.

2. Gunakan peralatan dapur dan lain-lain yang   aman dan bersih.

3. Yakinkan bahwa bahan makanan yang dibelanja segar, bersih dan aman, tidak menggunakan bahan berbahaya  yakni bahan makanan yang mengandung boraks, formalin, Metanil yellow maupun Rhodamin B.

4. Orang yang mengolah dan memasak makanan harus selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) antara lain: mencuci tangan dengan sabun.

''Keempat hal itu harus selalu diperhatikan, karena jika salah satu terkontaminasi, hasil akhirnya tidak bagus, dan dapat amat mengganggu perayaan Idul Fitri bersama keluarga,''kata Prof Tjandra dalam siaran pers yang dikirim melalui surat elektonik, Ahad (27/7). 

Terpopuler