Puncak Arus Balik di Stasiun Senen Diprediksi Ahad Besok

Red: Bayu Hermawan

Sabtu 09 Jul 2016 16:47 WIB

 Arus balik lebaran sudah terlihat dengan ramainya Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (8/7), oleh pemudik yang kenbali dari kampung halaman. (Republika/Yasin Habibi) Arus balik lebaran sudah terlihat dengan ramainya Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (8/7), oleh pemudik yang kenbali dari kampung halaman. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) memprediksi puncak arus balik di Stasiun Senen, Jakarta Pusat akan terjadi pada hari Ahad (10/7) besok.

"Jumlah penumpang arus kedatangan tahun ini diperkirakan akan terjadi pada H+3 nanti, meskipun pada H+2 data sementara pada 14.00 WIB mencapai 14.914 penumpang," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1, Bambang S Prayitno, di Jakarta, Sabtu (9/7).

Berdasarkan data terbaru yang tercatat pihak Stasiun Senen pada Sabtu hingga pukul 14.00 WIB, tercatat sebanyak 14.914 penumpang yang datang sedangkan jumlah penumpang yang berangkat sebanyak 11.605 penumpang.

"Karena Senin orang sudah mulai masuk kerja dan anak-anak sudah mulai sekolah, diperkirakan lonjakan penumpang terus naik mulai Sabtu dan mencapai kenaikan kedatangan tertinggi pada Minggu," katanya.

Ia mengatakan Stasiun Senen mengoperasikan enam kereta api tambahan yaitu Kutojaya Utara, Tawang Jaya, Kertajaya, Kutojaya Utara, Matarmaja dan Mantab dengan kapasitas penumpang sekitar 800 orang. Terkait keamanan, pihaknya sudah menyiagakan sebanyak 150 personel gabungan Brimob, serta TNI .

"Situasi keamanan stasiun Senen masih aman terkendali berkat kesigapan para personel keamanan," ujarnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, masih banyak calon penumpang yang akan mudik ke berbagai kota di Pulau Jawa seperti Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, maupun Solo melalui Stasiun Senen.

Terpopuler