Ahad 01 Apr 2018 11:06 WIB

Hotel Empat Lantai di India Ambruk, 10 Orang Tewas

Lima orang diduga masih terperangkap reruntuhan hotel.

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Nur Aini
Bangunan yang ambruk di India, ilustrasi
Foto: AP
Bangunan yang ambruk di India, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, INDORE -- Sebuah hotel setinggi empat lantai ambruk di India tengah pada Sabtu (31/3) malam. Polisi setempat mengatakan pada Ahad (1/4) setidaknya ada 10 korban tewas dan tiga orang terluka.

Seorang polisi Sanju Kamle mengatakan tim penyelamat bekerja sepanjang malam dengan palu besar dan gergaji listrik pada Sabtu malam. Sebanyak 10 orang dapat diselamatkan dari puing-puing bangunan yang runtuh di Indore, sebuah kota di negara bagian Madhya Pradesh. Lima orang lagi diduga masih terperangkap di bawah reruntuhan tersebut.

Surat kabar Times of India mengatakan bangunan bobrok itu roboh setelah sebuah mobil menghancurkan bagian depannya. Hotel dengan 25 kamar itu terletak di pusat komersial Indore, dekat dengan stasiun kereta api dan bus. Indore terletak hampir 900 kilometer di selatan New Delhi.

Insiden bangunan roboh sering terjadi di India. Hal itu terjadi karena kontraktor sering mengambil jalan pintas dengan menggunakan bahan bangunan di bawah standar. Penyebab lain adalah karena struktur multi-lantai dibangun dengan pengawasan yang tidak memadai.

Permintaan besar-besaran untuk perumahan di sekitar kota-kota India dan korupsi merajalela sering mengakibatkan pembangun menambahkan lantai atau membangun bangunan ilegal. Pada Agustus 2017, 33 orang tewas ketika sebuah gedung apartemen ambruk di ibu kota komersial India, Mumbai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement