One Way Arus Balik Berlaku Jam 14.05 Hari Ini

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Dwi Murdaningsih

Jumat 07 Jun 2019 15:13 WIB

Sejumlah kendaraan sedang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menuju arah timur di KM 14, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (6/6). Ruas Tol Japek diterapkan skema contraflow mulai KM 29 hingga KM 61. Foto: Republika/Febryan.A Sejumlah kendaraan sedang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menuju arah timur di KM 14, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (6/6). Ruas Tol Japek diterapkan skema contraflow mulai KM 29 hingga KM 61.

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANG -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan rekayasa lalu lintas one way (satu arah) arus balik Lebaran 2019 dari arah timur menuju arah Jakarta. Titik awal sistem one way di kilometer 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung sampai kilometer 70 GT Cikampek Utama mulai jam 14.05 WIB.  

Corporate Communications Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti mengatakan, pemberlakuan one way hari pertama pada periode arus balik Lebaran 2019 mundur dua jam dari yang telah direncanakan sebelumnya pada jam 12.00 WIB. Sebelum menerapkan sistem one way dipertimbangkan dulu ramainya lalulintas di kedua arah.

"Selain itu, penundaan jam pemberlakuan one way juga disebabkan oleh sebagian besar pengguna jalan juga masih memanfaatkan rest area di jalur arah Cikampek untuk shalat Jumat, sehingga pembersihan jalur arah Cikampek baru akan dilaksanakan setelah waktu shalat Jumat selesai," kata Irra kepada Republika, Jumat (7/6).

Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek menyiapkan skenario pengaturan operasional GT Cikampek Utama yang merupakan GT barrier selama pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way berlangsung. Guna meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol dari arah Cikampek menuju Jakarta, Jasa Marga telah mengoperasikan tambahan Oblique Approach Booth (OAB) sejumlah empat unit sejak jam 11.25 WIB. 

"Sehingga saat ini GT Cikampek Utama memiliki total 29 Gardu Operasi, disamping itu Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek akan turut mengoperasikan 25 mobile reader secara tandem sehingga dapat melayani arus balik Lebaran dengan maksimal," ujarnya.

Irra menambahkan, untuk mengantisipasi lalu lintas arah Cikampek yang masih terpantau cukup padat, GT Cikampek Utama juga masih menerima lalu lintas dari Jakarta menuju Cikampek. Jasa Marga mengoperasikan sebanyak empat gardu yang dalam pelaksanaannya tergantung situasi dan akan selalu dievaluasi.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan dapat mengantisipasi titik awal pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way, memperhatikan rambu-rambu, dan arahan petugas di lapangan. Supaya pengendara dapat masuk ke lajur one way dengan aman dan nyaman.

Terpopuler