Senin 17 Feb 2020 16:55 WIB

Erick Thohir Pilih Orang Papua Jadi Direktur Freeport

Claus menjadi orang Papua pertama yang menduduki posisi direktur di Freeport.

Rep: M Nursyamsi/ Red: Friska Yolanda
Staf ahli menteri BUMN, Arya Sinulingga menyebut Claus Wamafma ditunjuk sebagai direktur PT Freeport Indonesia. Ia merupakan orang Papua asli.
Foto: Republika/Intan Pratiwi
Staf ahli menteri BUMN, Arya Sinulingga menyebut Claus Wamafma ditunjuk sebagai direktur PT Freeport Indonesia. Ia merupakan orang Papua asli.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian BUMN mengumumkan penetapan Claus Wamafma sebagai direktur PT Freeport Indonesia (PTFI). Penetapan ini dilakukan di Kantor Kementerian BUMN pada 7 Februari 2020. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan Claus menjadi orang Papua pertama yang menduduki posisi direktur di Freeport.

"Yang seru Claus, dia putra Papua sudah berkarir di Freeport selama 20 tahun dan menjadi direktur mewakili MIND ID," ujar Arya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/2).

Arya menjelaskan, Claus sebelumnya pernah menjabat sebagai senior vice president yang membawahi CSR, partnership fund, dan community development. Arya menyebut penunjukan Claus sebagai hal yang membanggakan.

"Dia direktur orang Papua asli yang berkarir dari bawah. Ini baru pertama, direktur pertama dari Papua," ucap Arya. 

Arya mengatakan Claus yang merupakan lulusan ITB memiliki kemampuan teknikal yang mumpuni dalam menduduki posisi direktur di Freeport. Penunjukan Claus, kata Arya, menjadi bukti komitmen pemerintah memberikan porsi yang tinggi bagi masyarakat Papua di Freeport. Arya mengatakan dari 7.096 pegawai di Freeport 2.890 atau 40,7 persen di antaranya ialah orang Papua, dan 57,2 persen pegawai nonPapua, serta 2,1 persen merupakan ekspatriat.

Arya juga menyebutkan sejumlah pergantian direksi atau komisaris di tubuh Freeport guna mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh sejumlah direksi dan komisaris. Arya mengatakan Amin Sunaryadi dan Budi Gunadi Sadikin tak lagi menjadi Wakil Komisaris Utama dan Komisaris di Freeport lantaran telah menjadi Komisaris Utama PLN dan Wakil Menteri BUMN.

Posisi Amin digantikan Orias Petrus Moedak yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Utama Freeport. Sementara posisi Budi Gunadi Sadikin digantikan mantan Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.

Arya mengatakan Direktur Freeport Jenpino Ngabdi menggantikan posisi yang ditinggalkan Orias Petrus Moedak sebagai wakil direktur utama Freeport.

Berikut daftar Direksi Baru Freeport

Presiden Direktur : Clayton Allen Wenas

Wakil Presiden Direktur : Jenpino Ngabdi

Direktur : Achmad Ardianto

Direktur : Claus Wamafma

Direktur : Mark Jerome Johnson

Direktur : Robert Charles Schroeder

 

Direksi sebelumnya

Direktur Utama: Tony Wenas

Wakil Direktur Utama: Orias Petrus Moedak

Direktur : Jenpino Ngabdi

Direktur : Achmad Ardianto

Direktur : Robert Charles Schroeder

Direktur : Mark Jerome Johnson

 

Komisaris baru

Presiden Komisaris: Richard C. Adkerson

Wakil Presiden Komisaris: Orias Petrus Moedak

Komisaris: Adrianto Machribie

Komisaris: A.M. Fachir

Komisaris: Hinsa Siburian

Komisaris: Kathleen Lynne Quirk

 

Komisaris Lama

Presiden Komisaris: Richard Carl Adkerson

Wakil Komisaris Utama: Amin Sunaryadi

Komisaris : Budi Gunadi Sadikin

Komisaris : Hinsa Siburian

Komisaris : Kathleen Lynne Quirk

Komisaris : Adrianto Machribie

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement