Kamis 23 Jul 2020 00:25 WIB

Hal yang Perlu Diperhatikan Pemula Saat Bersepeda

Meski terkesan mudah mengendarai sepeda, ada hal yang perlu diperhatikan pemula.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Meski terkesan mudah mengendarai sepeda, ada hal yang perlu diperhatikan pemula (Foto: ilustrasi bersepeda)
Foto: Wallpaperflare
Meski terkesan mudah mengendarai sepeda, ada hal yang perlu diperhatikan pemula (Foto: ilustrasi bersepeda)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir semua orang mengendarai sepeda akhir-akhir ini. Meski terkesan mudah dikendarai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sebab, bersepeda bisa menjadi kegiatan yang tak relevan dengan tubuh bila dilakukan sembarangan. Misalnya, terlalu memaksa tubuh bersepeda jarak jauh bagi pemula. Atau, tidak melengkapi tubuh dengan aksesori pelindung.

Baca Juga

"Hal umum yang akan dialami adalah sakit usai duduk dari sepeda, tapi jika terus menggunakannya, semakin lama tubuh akan menyesuaikan diri," kata Wakil presiden divisi untuk strategi produk dan desain untuk REI Co-op Brands, Isabelle Portilla, melansir forbes, Kamis (23/7).

Bagi para pemula, ada beberapa hal yang perlu diterapkan saat bersepeda. Berikut saran dari Portilla yang dirangkum forbes.

Memilih sepeda yang tepat

Jika berencana membeli sepeda, cobalah sepeda yang dilengkapi rem hidrolik yang membuat pengendara bisa berhenti dengan cepat dan aman tanpa harus mengepalkan tuas rem erat. Usahakan mengendarai sepeda dengan rem sangat responsif terhadap sentuhan ringan, sehingga pengendara bisa mengontrol gerakan dalam situasi apa pun.

photo
(Foto: ilustrasi bersepeda) - (Pxfuel)

Menjaga tubuh terhidrasi

Tetap terhidrasi dalam perjalanan sangat penting. Pastikan membawa botol berisi air minum secukupnya saat bersepeda.

Gunakan helm

Helm identik dengan sepeda. Helm bukan sekedar aksesoris, tapi harus dibeli sebelum mengendarai sepeda.

Helm memiliki sistem perlindungan otak unik yang mengurangi kekuatan benturan ke kepala, jika mengalami kecelakaan. Jadi, pakailah helm.

Lampu

Lampu sangat penting untuk sepeda. Fungsinya, agar pengendara lain bisa melihat kita saat kondisi gelap. Pastikan sepeda memiliki lampu dengan fungsi yang cukup.

Memilih rute aman

Sangat disarankan untuk selalu mengambil rute sepeda teraman demi keselamatan. Hindari bersepeda di jalan besar tanpa ada jalur khusus sepeda.

 

Merawat sepeda

Beri perawatan yang tepat pada sepeda. Bila sudah melakukan ini, maka sepeda bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Kuncinya adalah memeriksa sepeda apakah ada kerusakan, memastikan kebersihan atau lubin rantai, dan mengganti bantalan rem jika dipakai. Selain itu, memiliki ban cadangan adalah ide yang bagus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement