Kamis 30 Sep 2021 16:32 WIB

Gerindra Sumbar Gelar Nobar Film G30S/PKI

Nobar film penghianatan PKI akan digelar rutin setiap tahun.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ilham Tirta
Warga nonton bareng film G 30 S PKI, beberapa waktu lalu.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Warga nonton bareng film G 30 S PKI, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumatra Barat akan menyelenggarakan nonton bareng (nobar) film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) pada Kamis (30/9), malam. Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade mengatakan, pihaknya menggelar nobar adegan pemberontakan PKI itu untuk mengenang jasa pahlawan revolusi yang menjadi korban mempertahankan NKRI.

"Kami mengundang warga Kota Padang untuk turut serta dalam ajang nobar ini," kata Andre.

Nobar G30S/PKI digelar di Kantor DPD Gerindra Sumbar, Kompleks GOR Haji Agus Salim, tepatnya di Jalan Kapuas Nomor 7, Kelurahan Rimbo Kaluang, Kota Padang. Nobar akan dimulai pukul 20.00 WIB.

Anggota DPR dari Sumbar itu menyebut Gerindra sengaja mengadakan nobar sebagai ajang mengingatkan warga tentang kekejaman pengkhianatan yang dilakukan PKI pasca kemerdekaan RI. Gerindra, kata dia, tidak ingin PKI bangkit lagi untuk merusak kedaulatan NKRI.

Menurut Andre, NKRI telah berjalan baik dengan asas Pancasila. "Menonton ini bagian dari pelajaran terhadap sejarah bangsa. Generasi muda harus diberi pemahaman bahayanya PKI," ujar Andre.

Gerindra juga ingin mensosialisasikan bahaya laten dari PKI. Di mana PKI menganut paham komunis yang tidak relevan diterapkan di Indonesia.

DPD Gerindra Sumbar ingin menjadikan nobar ini sebagai agenda rutin. Ia berharap kegiatan ini juga diikuti DPC Gerindra se-kabupaten/kota di Sumbar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement