Rabu 10 Nov 2021 16:49 WIB

Resmi Diluncurkan, Seginilah Harga All New Avanza-Veloz

Harga yang ditawarkan masih dalam skema insentif keringanan pajak hingga Desember

Red: Hiru Muhammad
Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda (tengah), Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono (kiri) dan Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (kanan) berfoto di depan All New Veloz dan All New Avanza, pada acara launching kedua produk MPV 7-seater terbaru Toyota tersebut bertema “World Premiere of All New Veloz dan All New Avanza” yang dilakukan secara digital, di Jakarta, Rabu (10/11).
Foto: dok TAM
Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda (tengah), Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono (kiri) dan Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (kanan) berfoto di depan All New Veloz dan All New Avanza, pada acara launching kedua produk MPV 7-seater terbaru Toyota tersebut bertema “World Premiere of All New Veloz dan All New Avanza” yang dilakukan secara digital, di Jakarta, Rabu (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Setelah sosok penampilannya ramai dibicarakan publik pecinta otomotif di jagat maya, All New Avanza dan All New Veloz  berpenggerak roda depan, atau front wheel drive (FWD) resmi diluncurkan. Kehadiran  multi purpose vehicle (LMPV) andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) tersebut tentunya akan meramaikan peta persaingan MPV berpenggerak roda depan di kelasnya yang selama ini  sudah dipenuhi produk pabrikan asal Jepang dan Cina. 

Menurut Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT TAM, pemilihan kendaraan FWD dan berpenggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD) memiliki kelebihan dan kekurangan. Tampilnya FWD All New Avanza/Veloz tidak terlepas dari kondisi infrastruktur di kawasan perkotaan dan daerah yang kian membaik. "Baik FWD dan RDW menjadi satu kesatuan karena memberi dampak ekonomi positid, ramah lingkungan dan disukai konsumen dan kombinasi keduanya menjadi tren baru pasar di Indonesia,"katanya. 

Soal harga, Anton menyebutkan pihak TAM mematok harga bagi Avanza 1.3 E Rp 206,2 juta on the road (OTR) Jakarta, hingga tipe tertinggi  Rp 264,4 juta (OTR). Sedangkan untuk Veloz transmisi manual mulai Rp 251,2 juta tertinggi tipe Q CVT TSS Rp  291,5 juta (OTR). "Harga masih skema insentif PPnBM Januari bisa berubah,"katanya.

Selain tampilan lebih baru sejumlah teknologi terkini racikan Toyota juga disematkan pada keduanya. Salah satunya adalah teknologi Toyota safety Sense (TSS). TSS pada All New Veloz terdiri dari empat (4) fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan. Lalu ada fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. Dan yang terakhir namun tidak kalah penting adalah Front Departure Alert yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Namun, pada kedua MPV tersebut tidak dijumpai fasilitas cruise control yang biasa terdapat pada kendaraan premium masa kini. "Ävanza biasa melaju di dalam dan luar kota dengan berbagai medan jalan sehingga fasilitas seperti cruise control tidak dibutuhkan, tapi tergantung dari kebutuhan konsumen juga nantinya,"katanya. 

Meski dikenal legendaris sebagai MPV RWD, namun All New Avanza dan Veloz telah mengalami banyak berubahan. Rangkaian tes panjang melalui berbagai medan yang dilakukan PT TAM selama ini telah membuktikan ketangguhan keduanya dengan sistem FWD.  

All New Veloz hadir dengan mesin 1.500 cc 2NR-VE yang menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm. Penerapan teknologi Dual VVT-i telah terbukti andal dan tahan lama dalam menghasilkan tenaga yang memadai dengan efisiensi bahan bakar yang optimal di berbagai kondisi jalan. Itu juga ditingkatkan dengan New Adopted CVT Transmission. Transmisi baru ini dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus serta pengalaman jelajah yang senyap."Ada fasilitas hill start assist dan CVT yang dinamis dan telah disesuaikan dengan kebutuhan saat ini," tutur Anton. 

All New Veloz juga dilengkapi dengan New All Round View Camera (Q CVT & Q CVT TSS) untuk lebih membantu manuver pengguna dengan memantau secara jelas situasi di sekitar All New Veloz. Selanjutnya, terdapat fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot All New Veloz.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement