Selasa 23 Nov 2021 08:00 WIB

Shin Tae-yong Apresiasi Kemenangan Timnas U-18

mereka sangat bekerja keras dalam pertandingan dan saya ingin ucapkan terima kasih

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Muhammad Akbar
Shin Tae-yong
Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA
Shin Tae-yong

REPUBLIKA.CO.ID, ANTALYA -- Kemenangan perdana timnas sepak bola Indonesia U-18 menjadi awal yang baik usai melakoni pertandingan kontra Antalyaspor U-18 pada Ahad (21/11) sore hari waktu setempat di Limak Football Complex, Antalya, Turki. Skor 3-1 menutup pertandingan pada laga uji coba tersebut.

Pelatih timnas sepak bola U-18, Shin Tae-yong mengungkapkan, para pemain telah melewati latihan tiga kali sehari dan telah bekerja keras dalam pertandingan.

Meski baru melakukan pemusatan latihan (TC) beberapa hari yang lalu, namun Garuda Nusantara berhasil menunjukkan semangatnya pada laga uji coba perdananya. Shin juga mengucapkan terima kasih kepada para pemain atas usaha dan kerja kerasnya.

“Memang, para pemain baru memulai TC beberapa hari yang lalu, jadi tidak lama, dan latihan juga sehari tiga kali, tetapi mereka sangat bekerja keras dalam pertandingan dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pemain,” kata Shin dalam keterangan pers yang diterima Republika, Senin (22/11).

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menambahkan, ia telah menemukan beberapa pemain yang dianggap penting untuk skuad Garuda Nusantara. Namun ia menegaskan tidak dapat menyebutkan nama-nama tersebut dalam upaya menjaga motivasi para pemain.

“Jujur untuk U-18 ada beberapa pemain yang sangat penting untuk skuad Garuda, tetapi tidak bisa disebut namanya karena tidak bisa menjadi motivasi untuk pemain-pemain,” ungkapnya.

Pada menit-menit terakhir, terjadi komunikasi yang kurang baik di antara kedua tim. Salah satu pemain Antalyaspor U-18 memecah konsentrasi Garuda Nusantara bahkan hingga memukul salah satu pemain Timnas U-18, Rusadi. Shin Tae-yong menyoroti hal tersebut sebagai hal yang bukan masalah karena lawan dalam keadaan kalah.

“Tidak masalah, karena memang lawan juga dalam keadaan kalah dan juga memang di dalam pertandingan bisa terjadi,” ujar pelatih berusia 52 tahun itu.

Dalam pertandingan perdana tersebut, tentunya terdapat evaluasi untuk Garuda Nusantara. Passing yang lemah dan tidak percaya diri ketika membawa bola masih menjadi bahan evaluasi. Kondisi yang dihadapi saat ini memang berat, namun Shin Tae-yong yakin apabila hal tersebut diperbaiki satu demi satu, maka Garuda Nusantara akan menjadi tim yang baik.

“Jadi passing-nya sangat lemah dan juga tidak percaya diri ketika dribble dan kondisinya pun memang sedang berat. Jadi kalau diperbaiki satu demi satu pasti akan menjadi tim yang baik," ucapnya.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement