Tata Pesisir dan Hilangkan Prostitusi, Bupati Tangerang Peroleh Apresiasi

Red: Fernan Rahadi

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar.
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. | Foto: Dok Pemkab Tangerang

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, memperoleh sejumlah apresiasi setelah menata kawasan pesisir yang tergolong rentan bagi lingkungan maupun sosial. Pembangunan yang telah ditetapkan Zaki dinilai berkelanjutan sehingga meningkatkan harkat dan martabat masyarakat setempat. 

Ketua Umum Forum Lintas Tokoh Pantura Kabupaten Tangerang,  Ahmad Yani, mengungkapkan Zaki telah membuat program pembangunan berkelanjutan untuk kawasan pesisir. Melalui program  Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan), Zaki dinilainya sukses melakukan penataan kawasan, infrastruktur sampai dengan pemberdayaan masyarakat pesisir. 

"Saya melihat masing-masing desa diangkat ciri khas keunggulannya tanpa meninggalkan budaya, adat lokal termasuk kulinernya. Salah satunya ikan bandeng cabut duri, keripik sukun dan makanan khas lainnya, yang saat ini mulai dikenal masyarakat di luar Tangerang," ujar Ahmad Yani dalam siaran pers, Jumat (7/1). 

Terdapat lima desa pesisir di lima Kecamatan yang menjadi fokus pelaksanaan program Gerbang Mapan. Desa-desa tersebut antara lain Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga, Desa Ketapang Kecamatan Mauk, Desa Patra Manggala Kecamatan Kemiri, Desa Surya Bahari Kecamatan Sukadiri dan Desa Kronjo Kecamaatan Kronjo.

Target program Gerbang Mapan adalah menuju pesisir sejahtera hingga tahun 2023. Atas keberhasilan ini, Zaki dipercaya menjadi Wakil Presiden Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG).

Kinerja lainnya yang diapresiasi Ahmad Yani adalah pemberantasan protitusi di kawasan Dadap yang telah berdiri sejak tahun 1970-an. "Dengan tekad yang kuat, meski banyak rintangan dan tantangan, Bang Zaki berhasil membersihkan praktek protitusi di kawasan Dadap," ujarnya.

Seluruh bangunan tempat prostitusi di Dadap kini sudah dibongkar. Sebelumnya sempat banyak bangunan tempat hiburan karaoke di bibir jalan kawasan Dadap Cheng In atau Kampung Baru Dadap yang berbatasan langsung dengan Kali Prancis. Aktivitas di kawasan itu kini tak lagi gemerlap.

"Dadap kini sudah sangat berkembang pesat dengan banyaknya industri, kawasan pergudangan dan perniagaan," ujar Ahmad Yani. 

Sementara itu, Endang, tokoh masyarakat Cisauk, Kabupaten Tangerang, juga mengapreasi kinerja Bupati Zaki selama memimpin Kabupaten Tangerang. Ia melihat konsistensi antara ucapan yang dilontarkan sang bupati seusai dengan apa yang dilakukannya. Bahkan, sikapnya yang humble membuatnya dekat dan mendapat kepercayaan masyarakat.

"Modal yang bagus ini, membuat Bang Zaki cepat menuntaskan berbagai persolan. Salah satunya saat menuntaskan sengketa tanah dengan pihak pengelola BSD terkait pembangunan stadion Cisauk. Tuntas tanpa timbul masalah baru," ujarnya.

Di sisi lain, Endang juga melihat keberanian Zaki dalam membangun sarana dan infrastruktur di wilayah Kabupaten Tangerang. Mulai dari pembangunan tujuh stadion mini, sport center hingga pembangunan jalan. "Kini 80 persen jalan-jalan di wilayah Kabupaten Tangerang sudah mulus, tidak ada lubang menganga dan geronjalan," katanya.

Terkait


Bupati Tangerang Tunggu DPP Golkar Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024

Layani Umat Beragama, Kemenag Beri Penghargaan Bupati Tangerang

Bupati Larang Masyarakat Kabupaten Tangerang Gelar Perayaan Malam Tahun Baru

Bupati: Buat Kajian Dulu Kalau Mau Mekarkan Tangerang Tengah

Banjir Rob di Dadap, Kabupaten Tangerang Meluas

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark