Senin 31 Jan 2022 19:52 WIB

Pohon Tumbuh 'Berangkulan' di Jambi, Bisa Jadi Wisata Baru

Ada tiga pohon beda jenis yang tumbuh "berangkulan" dan menyatu.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Pohon berangkulan di Jambi bisa menjadi kawasaan wisata baru.
Foto: ANTARA/SYARIF ABDULLAH
Pohon berangkulan di Jambi bisa menjadi kawasaan wisata baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Sejumlah pohon tumbuh unik di Percandian Muara Jambi, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi. Dibilang unik karena meski pohon tersebut terdiri atas dua jenis yang berbeda, namun bisa menyatu seperti berangkulan sehingga menjadi daya tarik baru kawasan wisata situs budaya itu.

"Iya ada beberapa pohon yang tumbuh seperti berangkulan, usianya mungkin sudah puluhan tahun. Tumbuh di beberapa titik di Percandian Muara Jambi," kata Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi, Agus Widiatmoko, di Jambi, Senin (31/1/2022).

Baca Juga

Sedikitnya ada tiga pohon beda jenis yang tumbuh "berangkulan" dan menyatu sehingga tampak salah satunya terbenam seperti dirangkul batang lainnya yang dominan. Sekilas pohon tersebut seperti tumbuh biasa, namun bila diamati lebih saksama ternyata memiliki perbedaan dibandingkan pohon-pohon lainnya yang tumbuh di sana.

photo
Pohon berangkulan di Jambi bisa menjadi kawasaan wisata baru. - (ANTARA/SYARIF ABDULLAH)

 

Ketiga pohon unik itu salah satunya tumbuh di depan Candi Tinggi Percandian Muara Jambi. Pohon duku merangkul pohon beringin. Meski pohon beringin terlihat seperti bekas ditebang sebagian, namun masih tumbuh dominan bahkan di bagian batang atasnya mengalahkan rimbunnya pohon duku.

Pohon tersebut di pinggir jalan yang biasa dilintasi pengunjung di depan Candi Tinggi. Sekitar 50 meter dari lokasi itu, ada juga pohon "berangkulan" lainnya, yakni pohon beringin merangkul pohon durian.

Kulit atau menyerupai batang dari pohon beringin melilit atau merambat pohon durian dan tumbuh bersaing di bagian atasnya. Sekilas pohon beringin itu seperti pohon benalu di inangnya. Sedangkan yang satu lagi lebih ekstrem, pohon durian merangkul pohon sejenis beringin. Bahkan batang pohon beringin seakan menyatu di bagian dalam pohon durian itu yang "terbalut" kulit dan kayu Durian. Sementara bagian pohon beringin tampak ada di bagian dalamnya, tak berdaya untuk lepas dari pohon durian di sana. 

Kedua pohon itu tumbuh subur dengan batang dan daun masing-masing yang rindang. "Ke depannya bisa menjadi daya tarik juga, bisa juga untuk penelitian, atau minimal jadi bahan pelajaran para siswa yang berkunjung ke Percandian Muara Jambi ini," kata Agus.

Di tengah pembenahan kawasan percandian itu, pihak BPCB Jambi tetap mempertahankan pohon-pohon tua di kawasan candi itu dengan tetap menjaga kondisinya sehingga tidak mengganggu estetika kawasan wisata situs budaya itu. Sementara itu peneliti dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi Desy Nofriati menyebutkan fenomena batang pohon menyatu seperti yang terjadi di beberapa pohon di Percandian Muara Jambi itu termasuk pohon epifit.

"Dalam artian tanaman atau tumbuhan yang menumpang pada tumbuhan lain tampa merugikan tanaman inangnya," kata Desy Nofriati.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ اَخَذْنَا مِيْثَاقَكُمْ وَرَفَعْنَا فَوْقَكُمُ الطُّوْرَۗ خُذُوْا مَآ اٰتَيْنٰكُمْ بِقُوَّةٍ وَّاسْمَعُوْا ۗ قَالُوْا سَمِعْنَا وَعَصَيْنَا وَاُشْرِبُوْا فِيْ قُلُوْبِهِمُ الْعِجْلَ بِكُفْرِهِمْ ۗ قُلْ بِئْسَمَا يَأْمُرُكُمْ بِهٖٓ اِيْمَانُكُمْ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ
Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji kamu dan Kami angkat gunung (Sinai) di atasmu (seraya berfirman), “Pegang teguhlah apa yang Kami berikan kepadamu dan dengarkanlah!” Mereka menjawab, “Kami mendengarkan tetapi kami tidak menaati.” Dan diresapkanlah ke dalam hati mereka itu (kecintaan menyembah patung) anak sapi karena kekafiran mereka. Katakanlah, “Sangat buruk apa yang diperintahkan oleh kepercayaanmu kepadamu jika kamu orang-orang beriman!”

(QS. Al-Baqarah ayat 93)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement