Sabtu 26 Mar 2022 18:39 WIB

Teladan Keberanian Izzuddin bin Abdisalam

Izzuddin bin Abdissalam menyuarakan kebenaran sekalipun ditekan.

Red: Joko Sadewo
Foto: republika
Infografis Teladan Keberanian Izzuddin bin Abdisalam

REPUBLIKA.CO.ID, Teladan Keberanian Izzuddin bin Abdisalam

Sejarah mencatat sulthanul ulama atau raja para ulama, Izzuddin bin Abdissalam (1181-1262) adalah sosok yang tegas. Sikapnya tidak berkompromi dengan penguasa yang zalim.

Dia melawan dan menyuarakan kebenaran meski selalu ditekan.  Terdapat banyak contoh teladan keberanian yang bisa diambil dari Izzuddin di antaranya adalah sebagai berikut:

>Melawan penguasa zalim

Pada abad ke-13, penguasa Suriah al-Malik as-Salih Imaduddin Ismail bin Saifuddin Ahmad mengeluarkan kebijakan berkoalisi dengan tentara Prancis. Koalisi itu membuat sebagian wilayah Suriah jatuh ke tangan pemerintah Prancis. Al-Izz melawan kebijakan tersebut. Dalam berbagai khutbahnya dia menyuarakan kecaman terhadap kebijakan tersebut, yang membuatnya terlempar ke Mesir.

>Memberi peringatan kepada penguasa Mesir

Tegas terhadap maksiat. Kepada Sultan al-Afdhal Mesir, al-Izz mengatakan negeri akan hancur jika kemaksiatan merajalela, sebagaimana dijelaskan Allah dalam Alquran. Mengetahui hal tersebut, al-Afdhal langsung memerintahkan penghancuran tempat maksiat.

>Menghimpun Kekuatan Melawan Mongol

Setelah balatentara Mongol menghancurkan Baghdad, mereka bergerak mendekati Suriah dan Mesir. Al-Izz yang menjadi penasihat Saifuddin Qutoz menyatukan harta yang ada dihimpun untuk memperkuat pertahanan. Semua bersatu sehingga kekuatan Mesir menjadi kuat dan tak terkalahkan saat melawan Mongol dalam peperangan Ain Jalut.

Sumber : Republika

Pengolah: Nashih Nashrullah/ Erdy Nasrul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement