Rabu 23 Feb 2022 07:41 WIB

Tips Sarapan Bergizi Lewat Prinsip ABC

Sarapan prinsip ABC adalah atur porsi, baca label kemasan dan cukupi asupan gizi

Rep: Santi Sopia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Anak sarapan sehat (Ilustrasi). Sarapan prinsip ABC adalah atur porsi, baca label kemasan dan cukupi asupan gizi
Foto: Sheknows
Anak sarapan sehat (Ilustrasi). Sarapan prinsip ABC adalah atur porsi, baca label kemasan dan cukupi asupan gizi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sarapan yang dilengkapi dengan gizi seimbang memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan gizi di pagi hari. Hal itu dapat memenuhi 25 sampai 30 persen dari total Angka Kebutuhan Gizi (AKG) setiap harinya. 

Corporate Nutritionist Nestlé Indonesia Eka Herdiana mengatakan pengetahuan tentang aturan porsi makan sangat diperlukan agar kebutuhan gizi masyarakat terpenuhi dengan baik. Dia mengajak untuk menanamkan kebiasaan sarapan sehat melalui prinsip ABC, yang sejalan dengan anjuran Isi Piringku oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai pedoman gizi seimbang bagi masyarakat.

Baca Juga

“Sejak 2019 kami memperkenalkan Prinsip ABC untuk menjelaskan tahapan sarapan yang seimbang dan bergizi,“ kata Eka dalam keterangannya, diterima Selasa (22/2/2022).

Atur porsi untuk memastikan jumlah asupan makanan cukup (tidak berlebih dan tidak kurang) sehingga mendukung aktivitas setiap hari. Baca label kemasan makanan untuk memperhatikan kandungan gizi dan cara penyajian sehingga membantu masyarakat agar memahami produk yang mereka konsumsi dan dapat menikmati manfaat produk secara maksimal. Cukupi asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi beragam jenis makanan.

Selain Prinsip ABC, penting menanamkan kebiasaan baik untuk pola hidup sehat sejak dini, seperti makan makanan beragam dan bergizi seimbang, mengatur porsi, aktif bergerak, minum air putih, dan makan bersama keluarga.

Dalam rangka Pekan Sarapan Nasional (PESAN) yang diperingati setiap 14-21 Februari, Nestlé melakukan rangkaian kegiatan untuk mengedukasi keluarga Indonesia tentang pentingnya memenuhi sarapan seimbang. Hal ini juga sejalan dengan program global untuk membantu 50 juta anak hidup lebih sehat pada 2030.

Sufintri Rahayu, Corporate Affairs Director Nestlé Indonesia, mengatakan senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat melalui produk-produk perusahaan. Melalui berbagai kegiatan yang telah diinisiasi ini, diharapkan dapat membantu keluarga-keluarga Indonesia memenuhi sarapan sehat dan seimbang, guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.

Kepedulian terhadap gizi anak-anak Indonesia juga ditunjukkan melalui berbagai kegiatan inspiratif. Dukungan untuk membantu keluarga Indonesia memenuhi sarapan sehat juga berlangsung sepanjang tahun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement