Rabu 23 Feb 2022 15:36 WIB

Pernyataan Bersama Uni Eropa: Menjadi Regulator Lalu Lintas Ruang Angkasa

UE ingin membuat peraturan baru untuk manajemen lalu lintas ruang angkasa dengan menggandeng AS dan PBB.

Rep: Ilham Tirta/ Red: Partner
.
.

Lalu lintas ruang angkasa. Gambar: ESA
Lalu lintas ruang angkasa. Gambar: ESA

ANTARIKSA — Uni Eropa meluncurkan inisiatif manajemen lalu lintas ruang angkasa baru untuk membangun kemampuannya di lapangan. Rencana itu mencakup kerja sama UE dengan Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pada 15 Februari 2022, Komisi Eropa merilis sebuah komunikasi bersama yang menguraikan pendekatan UE untuk manajemen lalu lintas ruang angkasa (STM). Pernyataan itu menyerukan peningkatan kemampuan UE dalam melacak objek serta membantu mengembangkan peraturan internasional untuk operasi yang bertanggung jawab dan aman di ruang angkasa.

“Kami bermaksud mengusulkan pendekatan Eropa untuk pengelolaan lalu lintas ruang angkasa, yang mencakup kebutuhan operasional dan peraturan, juga untuk memungkinkan kami melanjutkan kerja sama internasional, terutama ditujukan untuk konstelasi konektivitas aman yang diusulkan dan program pertahanan," kata komisaris UE untuk pasar internal, Thierry Breton pada konferensi pers pada Selasa, 15 Februari 2022.

Bagian dari proposal itu melibatkan peningkatan kemampuan program Pengawasan dan Pelacakan Luar Angkasa (SST) UE. Program itu memberikan pemberitahuan penghubung kepada operator satelit Eropa, yang terutama bergantung pada katalog objek luar angkasa AS ditambah beberapa data Eropa sendiri.

UE mengusulkan untuk membangun sumber daya kesadaran situasional ruang angkasanya sendiri, termasuk membangun aset pelacakan di luar benua Eropa untuk memberikan cakupan yang lebih baik. Proposal tersebut juga menyerukan pengembangan teknologi penghindaran tabrakan otomatis dan teknologi kuantum untuk mengurangi risiko tabrakan.

Dokumen tersebut menetapkan, pada pertengahan 2023 akan sudah tersedia uraian soal analisis arsitektur untuk peningkatan sistem SST UE. Sementara pada 2025, aset pelacakan baru sudah mulai disebarkan.

“Kami sangat berterima kasih bahwa kami mendapatkan peringatan tabrakan dari mitra kami AS, tetapi akan jauh lebih baik jika kami tidak harus bergantung pada orang lain,” kata Direktur Operasi Badan Antariksa Eropa (ESA), Rolf Densing selama sesi panel Konferensi Antariksa Eropa pada bulan Januari.

“Kami masih mengandalkan data AS hari ini,” kata Pascal Faucher, ketua konsorsium SST UE, dalam panel yang sama.

Faucher mengatakan, aset Eropa hanya dapat melacak sekitar 300 dari 1.500 fragmen demonstrasi senjata antisatelit Rusia pada November. “Ini menunjukkan kepada kita bahwa kita perlu berinvestasi lebih banyak dalam kemampuan kita.”

Namun, pernyataan bersama itu tidak menentukan pendanaan untuk peningkatan SST. Mereka hanya menyatakan bahwa 75 persen dari uang yang tersedia akan diberikan kepada perusahaan-perusahaan Eropa. Ini menunjukkan bahwa inisiatif Cassini UE untuk mendukung perusahaan luar angkasa yang sedang berkembang sehingga dapat memainkan peran dalam upaya tersebut.

“Ada lebih banyak yang bisa dilakukan sektor komersial,” kata Chiara Manfletti, chief operating officer Neuraspace di panel konferensi itu.

Perusahaan Portugis itu menerapkan kecerdasan buatan dan teknologi pembelajaran mesin ke data kesadaran situasional ruang angkasa. Ini bertujuan memberikan pemberitahuan yang lebih akurat tentang potensi tabrakan.

Faucher mengatakan, dia tertarik untuk bekerja lebih dekat dengan perusahaan-perusahaan Eropa pada kemampuan STM, seperti membeli data komersial dan mengembangkan layanan baru. “Ada beberapa domain baru yang bisa kita andalkan kepada operator komersial,” katanya.

Meningkatkan kemampuan pelacakan ruang angkasa Eropa hanyalah salah satu bagian dari proposal. Pernyataan bersama juga menyerukan pengembangan "pedoman dan standar" Eropa untuk STM, tetapi belum jelas apa yang akan dicakup oleh pedoman dan standar tersebut. Itu akan mengarah pada proposal legislatif UE untuk aturan STM pada akhir 2024.

Aturan tersebut berpotensi berlaku untuk operator satelit di luar Eropa. Aturan yang diusulkan juga harus menjamin bahwa operator UE tidak mengalami distorsi persaingan oleh operator lain di luar UE yang tidak memakai standar yang ketat. Dokumen itu menyatakan, ada kemungkinan memberlakukan aturan yang kepada operator UE dan operator satelit mana pun yang menyediakan layanan di dalam ruang UE.

Aspek lain dari proposal tersebut berusaha untuk mengembangkan perjanjian multinasional tentang STM (lalu lintas ruang angksa), terutama melalui PBB. Itu termasuk meminta UE terlibat dengan PBB untuk mengidentifikasi atau membantu menciptakan badan khusus untuk STM dengan maksud menerapkan solusi STM yang konkret di tingkat global.

Uni Eropa, bagaimanapun, juga mencari kerja sama bilateral di STM, seperti diskusi hak istimewa dengan Amerika Serikat. “AS adalah aktor paling maju di STM, setelah menginvestasikan miliaran dolar pada kemampuan kesadaran situasional ruang angkasa. Sementara UE pertama-tama perlu mengembangkan pendekatan STM-nya sendiri, ia harus melakukannya dalam kerja sama yang erat dengan AS," tulis dokumen itu.

Seorang mantan pejabat AS menyatakan penilaian yang beragam tentang rencana STM UE. "Di satu sisi, itu adalah lonceng klakson lain yang menunjukkan fakta bahwa ini adalah masalah yang sangat penting," kata Kevin O'Connell, mantan direktur Office of Space Commerce, selama sesi FAA Commercial Space Transportation Konferensi pada 17 Februari.

Dia melihat rencana itu sebagai kekuatan dukungan untuk kemampuan STM komersial. Di sisi lain, upaya untuk menjadi pemimpin dunia dalam standar dan upaya dengan menempatkan kepemilikan tertinggi itu di PBB. “Itu bukan sesuatu yang akan kami setujui.”

Skeptisismenya tentang PBB, didasarkan pada PBB yang menunda pertemuan tentang norma perilaku di ruang angkasa dari pertengahan Februari hingga setidaknya awal Mei.

“Saya pikir kita harus melihat ke sektor swasta untuk mengembangkan aturan jalan di luar angkasa," katanya.

Sumber: SpaceNews

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement