KBRI Beijing Gelar Buka Puasa Bersama dan Sholat Tarawih

Red: Ani Nursalikah

Senin 04 Apr 2022 22:07 WIB

Shalat tarawih (ilustrasi). KBRI Beijing Gelar Buka Puasa Bersama dan Sholat Tarawih Foto: Antara/Rahmad Shalat tarawih (ilustrasi). KBRI Beijing Gelar Buka Puasa Bersama dan Sholat Tarawih

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Kantor perwakilan pemerintah Indonesia di Beijing menggelar buka puasa bersama dan sholat tarawih bagi kalangan warga negara Indonesia yang tinggal di ibu kota China itu selama bulan suci Ramadhan.

"Meskipun kantor KBRI diliburkan karena Festival Qingming, kegiatan tarawih tetap kami jalankan," kata Ketua Majelis Taklim At-Taqwa KBRI Beijing Yaya Sutarya, Senin (4/4/2022).

Baca Juga

Ia mengajak umat Islam dari kalangan WNI yang tinggal di Beijing dan sekitarnya turut meramaikan kegiatan sholat tarawih di aula serbaguna KBRI. Sholat tarawih dilangsungkan setiap pukul 20.00 waktu setempat (19.00 WIB).

"Kami juga menyediakan takjil setiap hari selama bulan Ramadhan," kata Yaya yang juga menjabat Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Beijing itu.

KBRI Beijing rutin menggelar sholat tarawih setiap bulan Ramadhan. Sebelum pandemi Covid-19, KBRI Beijing kerap menghadirkan pendakwah dari Indonesia untuk mengisi kegiatan selama Ramadhan hingga Idul Fitri.

Masjid-masjid di China, termasuk di Beijing, masih tertutup untuk umum sebagai upaya mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 setelah terdapat lonjakan baru kasus positif Covid-19. Akibatnya, beberapa kota dikunci (lockdown).

Puasa Ramadhan di China dimulai pada Ahad (3/4/2022) sebagaimana keputusan asosiasi Muslim setempat (CIA). Hal yang sama juga dilakukan di Hong Kong dan Taiwan.

Sementara itu, semua kegiatan perkantoran dan sekolahan di China, termasuk perwakilan asing, diliburkan hingga Selasa (5/4/2022) terkait perayaan Festival Qingming. Untuk memperingati Festival Qingming, konferensi pers rutin pada Senin dan Selasa ditiadakan, demikian pesan singkat Kementerian Luar Negeri China (MFA) yang diterima Antara Beijing.

Tidak hanya KBRI Beijing, KJRI Shanghai, KJRI Guangzhou, KJRI Hong Kong, dan KDEI Taipei juga diliburkan selama perayaan itu. Festival Qingming menjadi ritual bagi penduduk setempat untuk mengunjungi makam leluhur. Qingming atau Ceng Beng juga dirayakan oleh kelompok etnis minoritas China di Indonesia.

Terpopuler