Selasa 26 Apr 2022 18:33 WIB

Penunjukan Ten Hag Disamakan dengan Perekrutan Klopp oleh Liverpool

Rencananya, Ten Hag akan menggantikan Ralf Rangnick di kursi pelatih United.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Ajax Erik ten Hag
Foto: . EPA-EFE/ERDEM SAHIN
Pelatih Ajax Erik ten Hag

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Penunjukan Erik Ten Hag sebagai pelatih anyar Manchester United pada musim depan dianggap sebagai awal dari upaya manajemen United untuk bisa membawa Setan Merah kembali tampil kompetitif di level tertinggi. Kondisi ini dianggap persis sama seperti saat Liverpool mendatangkan Juergen Klopp dari Borussia Dortmund pada 2015.

Kurang lebih lima tahun setelah resmi menangani Liverpool, Klopp akhirnya berhasil membawa The Reds merengkuh kesuksesan. Tidak hanya mampu mempersembahkan titel Liga Champion, pelatih asal Jerman itu juga menyudahi puasa gelar juara Liga Primer Inggris yang telah dilakoni Liverpool selama 30 tahun, tepatnya pada musim 2019/2020.

Baca Juga

Klopp pun dinilai sukses membawa kembali The Reds menjadi salah satu tim yang disegani, tidak hanya di daratan Inggris, tapi juga Eropa. Di bawah kendali Klopp, Liverpool bergemilang sukses usai hanya mampu meraih dua titel bergengsi dalam rentang waktu 10 tahun sebelumnya.

Mantan pelatih kiper Manchester United, Eric Steele, menilai, ada situasi yang nyaris sama seperti saat Liverpool mendatangkan Klopp dengan langkah United mengontrak Ten Hag. Perekrutan pelatih asal Belanda itu, tutur Steele, dinilai menjadi awal dari ambisi besar manajemen klub untuk bisa membawa United bangkit.

''Saya rasa, situasi yang dihadapi Ten Hag sama seperti saat Klopp didatangkan Liverpool. Saat ini, kita sudah tidak lagi melihat United bersaing dalam perebutan gelar juara liga. Jadi, ini (perekrutan Ten Hag) jadi ambisi besar United,'' ujar Steele seperti dilansir Manchester Evening News, Selasa (26/4/2022).

Namun, seperti halnya Liverpool memberikan kesempatan dan waktu buat Klopp, United diharapkan bisa memberikan kepercayaan dan waktu kepada Ten Hag untuk bisa mengangkat performa United. Steele menyebut, pelatih Ajax Amsterdam itu membutuhkan waktu mengembangkan gaya permainan yang diinginkannya di United. Pun dengan pemain-pemain yang dibutuhkan Ten Hag untuk bisa membawa United meraih kesuksesan.

''Anda tidak akan bisa membangun kesuksesan dalam satu malam. Ten Hag membutuhkan waktu untuk menerapkan gaya permainannya dan pemain-pemain yang dianggap sesuai,'' kata Steele.

Rencananya, Ten Hag menggantikan Ralf Rangnick di kursi pelatih United pada musim depan. Ten Hag telah diikat United dengan kontrak berdurasi tiga tahun atau berakhir pada musim panas 2025. Namun, United memiliki opsi perpanjangan selama setahun.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement