Selasa 10 May 2022 07:43 WIB

Klopp Kemukakan Pandangan Visioner Soal Merapatnya Haaland ke Manchester City

Satu yang pasti, Klopp tak merasa gentar sedikitpun adanya Haaland di City.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Erling Haaland dari Dortmund bereaksi selama pertandingan sepak bola Bundesliga Jerman antara Hertha BSC dan Borussia Dortmund di Berlin, Jerman, 18 Desember 2021. Haaland dikabarkan sudah sepakat gabung City.
Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
Erling Haaland dari Dortmund bereaksi selama pertandingan sepak bola Bundesliga Jerman antara Hertha BSC dan Borussia Dortmund di Berlin, Jerman, 18 Desember 2021. Haaland dikabarkan sudah sepakat gabung City.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, angkat bicara soal kemungkinan kepindahan penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland, ke Manchester City pada jendela transfer musim panas mendatang. Kepindahan ini, tutur Klopp, akan menetapkan level baru, tidak hanya dalam bursa transfer pemain, tapi juga soal kualitas skuad The Citizens. 

Setidaknya dalam dua hari terakhir, kabar kepindahan penyerang asal Norwegia itu ke The Citizens kian santer terdengar. Sejumlah jurnalis sepak bola Eropa, seperti David Ornstein hingga Fabrizio Romano, mengungkapkan soal kesepakatan yang telah tercapai antara Dortmund dengan City soal kepindahan Haaland. 

Baca Juga

The Citizens kabarnya telah mengaktifkan klausa pelepasan Haaland dan siap menebus nilai pelepasan penyerang berusia 21 tahun itu, yang berkisar antara 60 juta euro hingga 75 juta euro. Kabar kepindahan Haaland itu makin santer usai pernyataan resmi dari Die Borussen. 

''Pemain tersebut sudah tidak lagi melakoni sesi latihan pada hari ini. Kami membiarkan Haaland mengurus persoalan pribadinya,'' tulis pernyataan resmi Dortmund seperti dilansir Eurosports, Selasa (10/5/2022). 

Berdasarkan lansiran media asal Belgia, Haaland diketahui tengah berada di Brussels. Penyerang yang telah mencetak 28 gol dari 29 penampilan pada musim ini tersebut kabarnya akan melakoni tes medis di Rumah Sakit Erasmus di Ibukota Belgia tersebut. Tes medis ini merupakan salah satu syarat pelengkap kepindahan Haaland ke juara bertahan Liga Primer Inggris tersebut. 

Haaland dilaporkan akan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan nilai kontrak mencapai 213 juta poundsterling, termasuk besaran gaji dan bonus penandatangangan kontrak. Haaland disebut-sebut akan menjadi salah satu pemain dengan gaji tertinggi di The Citizens dan akan diperkenalkan sebagai rekrutan teranyar City pada pekan ini. 

Klopp pun menilai, apabila nantinya Haaland benar-benar hijrah ke Stadion Etihad, kepindahan itu akan menetapkan level baru dalam bursa transfer pemain di Eropa. Pelatih asal Jerman itu merujuk pada tingginya biaya yang dikeluarkan The Citizens dalam mendatangkan eks penyerang RB Salzburg tersebut. Tidak hanya itu, kehadiran Haaland itu juga akan meningkatkan kualitas skuad The Citizens. 

''Tentu saja, jika mereka mendatangkan Haaland, hal itu tidak akan melemahkan mereka. Pada saat ini, pembicaraan kepindahan Haaland selalu tertuju pada biaya transfer. Untuk saat ini, bisa saya bilang, kepindahan itu akan menetapkan level baru,'' ujar Klopp dalam wawancara dengan Sky Sports, Selasa (10/5/2022). 

Liverpool dan City bisa dibilang merupakan dua tim terbaik di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Keduanya pun tengah bersaing dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris. Liverpool, yang berada di peringkat kedua, hanya terpaut tiga poin dari The Citizens, yang duduk di puncak klasemen sementara dengan raihan 86 poin dari 35 partai. 

Kendati City telah bermanuver dengan mendatangkan Haaland untuk bisa meningkatkan kualitas tim, Klopp mengaku tidak gentar dengan langkah The Citizens tersebut. Liverpool, tutur Klopp, akan tetap menemukan cara untuk bisa tetap bersaing dengan City pada musim-musim mendatang. 

''Saat sepakat memperpanjang kontrak dengan Liverpool, saya tahu, mereka akan terus berkembang. Ini bukan soal City untuk menentukan apakah kami senang atau tidak. Ini soal kami dan apa yang bisa kami lakukan. Kami memiliki kesempatan dan cara lain untuk meraih kemenangan dalam satu pertandingan. Kami akan menemukannya,'' kata eks pelatih Borussia Dortmund itu.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement