Sabtu 20 Aug 2022 16:37 WIB

YouTube Hapus Video Tesla yang Gunakan Anak-Anak dalam Uji Coba Kendaraan

Video tersebut memiliki puluhan ribu tampilan sebelum YouTube menghapusnya.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Sedan Tesla terparkir di diler Littleton, Colorado, AS. YouTube menghapus sepasang video dari platformnya yang menunjukkan pengemudi Tesla melakukan tes keamanan kendaraan amatir menggunakan anak-anak mereka sendiri sebagai pengganti patung yang diletakan di tengah jalan.
Foto: AP Photo/David Zalubowski
Sedan Tesla terparkir di diler Littleton, Colorado, AS. YouTube menghapus sepasang video dari platformnya yang menunjukkan pengemudi Tesla melakukan tes keamanan kendaraan amatir menggunakan anak-anak mereka sendiri sebagai pengganti patung yang diletakan di tengah jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- YouTube menghapus sepasang video dari platformnya yang menunjukkan pengemudi Tesla melakukan tes keamanan kendaraan amatir menggunakan anak-anak mereka sendiri sebagai pengganti patung yang diletakan di tengah jalan.

Tes tersebut untuk menentukan apakah Tesla yang bergerak lambat yang dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi terbaru akan secara otomatis menghindari tabrakan dengan pejalan kaki –dalam hal ini anak-anak– yang berjalan atau berdiri diam di tengah jalan.

Baca Juga

CNBC menghubungi juru bicara YouTube, Elena Hernandez melalui e-mail dan pihak Youtube telah memberikan klarifikasi:  

“YouTube tidak mengizinkan konten yang menunjukkan anak di bawah umur berpartisipasi dalam aktivitas berbahaya atau mendorong anak di bawah umur untuk melakukan aktivitas berbahaya. Setelah ditinjau, kami memutuskan bahwa video yang disampaikan kepada kami oleh CNBC melanggar kebijakan kami yang berbahaya dan berbahaya, dan akibatnya kami menghapus konten tersebut," kata Elena seperti dikutip dari CNBC Internasional.

Kebijakan khusus yang dikutip YouTube berkaitan dengan konten berbahaya dan berbahaya. Perusahaan menghapus video yang mendorong aktivitas berbahaya atau ilegal yang berisiko cedera fisik serius atau kematian saat diketahui.

"Secara khusus, kami tidak mengizinkan konten yang menunjukkan atau mendorong anak di bawah umur dalam situasi berbahaya yang dapat menyebabkan cedera, termasuk aksi berbahaya, tantangan, atau lelucon," katanya menambahkan.

Tesla memasarkan sistem bantuan pengemudinya di AS sebagai paket standar yang disebut Autopilot dan opsi premium yang disebut Full Self-Driving (FSD) yang dihargai 12 ribu dolar AS untuk uang muka dan cicilan 199 dolar AS per bulan.

Tesla juga menawarkan beberapa pengemudi mengakses ke program eksperimental yang disebut Full Self-Driving Beta jika mereka mencapai skor tinggi pada tes keselamatan di dalam kendaraan perusahaan.

Tak satu pun dari sistem ini yang membuat mobil Tesla dapat mengemudi sendiri, juga tidak aman digunakan tanpa pengemudi, memperhatikan jalan dan mampu menyetir, mengerem, atau berakselerasi dalam waktu singkat. Tesla pun  memperingatkan pengemudi bahwa sistem tidak membuat mobil mereka otonom.

Dalam sebuah video yang diposting pada hari Minggu 14 Agustus, seorang pemilik Tesla dan investor di perusahaan yang dipimpin Elon Musk, Tad Park, mengendarai kendaraan Model 3 dengan kecepatan delapan mil per jam menuju salah satu anaknya di sebuah jalan di San Francisco Bay Area. Tidak ada yang terluka dalam tes tersebut.

Video tersebut memiliki puluhan ribu tampilan sebelum YouTube, sebuah divisi dari Google Alphabet, menghapusnya. Alphabet juga memiliki Waymo, pengembang teknologi kendaraan otonom dan operator robotaxi.

Ted Park adalah CEO Volt Equity, dan manajer portofolio ETF yang berfokus pada teknologi mengemudi otonom yang disebut VCAR. “Saya telah mengalami sendiri produknya, dan percaya pada investasi saya,” kata Park kepada CNBC.

“Kami melakukan tindakan pencegahan keamanan yang ekstensif sehingga anak-anak tidak pernah dalam bahaya,” ujarnya.

Dalam email tindak lanjut, Park menulis, "Pertama kami mencoba maneken (patung), lalu kami mencoba dengan pemain bola basket tinggi, lalu akhirnya satu anak berdiri dan anak saya yang lain menyeberang jalan."

Dia mengatakan mobil itu tidak pernah melaju lebih dari delapan mil per jam. “Kami memastikan mobil itu mengenali anak itu. Bahkan jika sistemnya gagal total, saya siap untuk mengambil alih kapan saja. Saya punya firasat kapan saya perlu mengerem jika mobil tidak cukup melambat,” ujarnya.

Tes itu sukses dalam pandangan Park, karena mobil melambat dan tidak menabrak objek apapun, pejalan kaki atau anak-anaknya. Ditanya apakah dia akan melakukannya lagi, dia berkata, "Saya tidak berpikir tes lebih lanjut diperlukan, tetapi jika saya melakukannya, ya, saya akan melakukan tes ini lagi."

“Karena itu, saya tidak akan merekomendasikan orang untuk sengaja mencoba ini di rumah,” tambahnya.

Park melakukan tes sebagian sebagai bantahan terhadap kampanye periklanan nasional dari pendiri perusahaan perangkat lunak Dan O'Dowd yang mengkritik fitur bantuan pengemudi Tesla.

Video itu, yang sekarang telah dihapus, telah diposting di saluran YouTube bernama Whole Mars Catalog, yang dijalankan oleh Omar Qazi, pemegang saham dan promotor utama Tesla di jejaring sosial. CEO Tesla Elon Musk sering berinteraksi dengan blog dan Qazi di Twitter.

Selain YouTube, CNBC menghubungi DMV California dan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional untuk menanyakan apakah video tersebut aman atau legal.

NHTSA mengatakan pada 16 Agustus 2022 lalu bahwa mereka memberi tahu publik itu sangat berbahaya bagi siapa pun untuk mencoba menguji teknologi kendaraan sendiri. Tidak seorang pun boleh mempertaruhkan nyawa mereka, atau nyawa orang lain, untuk menguji kinerja teknologi kendaraan.

Agensi juga mencatat, seperti yang telah dinyatakan secara konsisten oleh NHTSA, tidak ada kendaraan yang tersedia untuk dibeli saat ini yang mampu mengemudi sendiri.

"Teknologi kendaraan paling canggih yang tersedia untuk dibeli saat ini memberikan bantuan pengemudi dan membutuhkan pengemudi manusia yang penuh perhatian setiap saat melakukan tugas mengemudi dan memantau lingkungan sekitar," ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement