Menezes: Sepak Bola Brasil Menurun

esportes.r7.com
Mano Menezes
Red: Fernan Rahadi

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Mantan pelatih Brasil, Mano Menezes, mengungkapkan bahwa sepak bola Brasil saat ini telah menurun. Negara-negara Eropa, ujar dia, telah menyalip Brasil dalam urusan kemampuan teknik bermain sepak bola.

Pada Piala Dunia 2014, langkah Brasil terhenti di semifinal setelah kalah memalukan 1-7 dari Jerman, yang akhirnya menjadi juara setelah mengalahkan Argentina 1-0 di final. Pada perebutan tempat ketiga, Brasil kembali takluk 0-3 dari Belanda.

"Kami tahu dengan jelas apa masalah-masalah kami. Akan tetapi kami tidak tahu cara memperbaikinya atau tidak tahu siapa orang-orang yang mampu dan paham jalan terbaik untuk kami lewati," ujar Menezes, pelatih Brasil 2010-2012 dilansir Soccerway.

Ia juga mengatakan bahwa level teknik para pemain Brasil saat ini sangat buruk. "Kontrol bola kami buruk, begitu juga umpan-umpan kami. Orang terkadang membandingkan juggling dengan kemampuan bermain sepak bola. Namun keduanya adalah hal yang berbeda," tambahnya.

"Kami memang masih memiliki dribel, serta pemain dengan talenta kemampuan individu murni. Akan tetapi kami tidak tahu bagaimana mengembangkan para pemain seperti yang kami lakukan di masa lalu. Karena itulah kami kini tertinggal. Kita tahu bahwa sepak bola Eropa kini meningkat (dalam beberapa tahun terakhir) dan melakukan segalanya lebih baik dari kami," kata pelatih yang kini menangani Corinthians tersebut.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler