Permintaan Mobil di OLX Turun 40 Persen

Toyota Avanza dan Innova masih menjadi dua merek mobil paling dicari di OLX.

olx
OLX
Rep: Eric Iskandarsjah Z Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA--Merebaknya corona telah berdampak pada berbagai sektor, tidak terkecuali pada industri mobil Indonesia. Pada kondisi umum, bulan Ramadan biasanya menjadi momentum peningkatan penjualan mobil.

Sayangnya, kondisi yang berbeda harus dihadapi pada bulan Ramadan tahun ini. Data internal OLX menunjukkan adanya penurunan jumlah permintaan (pencarian) mobil di platform OLX sekitar 40 persen pada minggu pertama bulan Ramadan dibandingkan data pada awal Maret 2020.

Baca Juga



Direktur Marketing OLX Indonesia, Ichmeralda Rachman mengatakan, pada periode yang sama, data juga menunjukkan adanya penurunan sekitar 30 persen pada jumlah listing mobil di platform OLX.

“Penurunan ini memang sudah diduga akan terjadi di tengah kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat yang terpukul akibat pandemi ini. Menurunnya daya beli masyarakat secara umum serta berubahnya prioritas masyarakat untuk pembelian barang tersier seperti mobil menjadi beberapa penyebab menurunnya jumlah permintaan atas mobil di platform OLX," kata Ichmeralda Rachman dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Selasa (26/5).

Ia menekankan, situasi ini berbeda dengan Ramadan 2019 lalu dimana jumlah permintaan terus meningkat hingga minggu ketiga Ramadan. Sejalan dengan jumlah permintaan, jumlah listing pada Ramadan tahun lalu juga sempat mengalami peningkatan dan relatif stabil selama bulan Ramadan 2019.

Meski terjadi tren penurunan pada jumlah listing dan jumlah permintaan pada tipe-tipe mobil, namun tipe mobil MPV dari brand mobil Jepang masih menjadi mobil yang paling dicari oleh pengguna OLX.

Menurutnya, Toyota Avanza dan Toyota Innova masih menjadi dua merek mobil teratas pilihan para pengguna, disusul oleh Honda Jazz dan Daihatsu Xenia. Preferensi merek mobil ini pun konsisten sebelum dan semasa pandemi COVID-19 ini.

"Data internal OLX juga menunjukkan, bahwa meski terjadi tren penurunan pada jumlah listing dan jumlah permintaan akan mobil, namun tren harga tidak berubah signifikan. Harga rata-rata pada listing yang ada di OLX pada minggu pertama Ramadan berada pada angka Rp 193 juta, hanya menurun sekitar 5 persen dari harga rata-rata listing pada awal Maret 2020," ujarnya.

Sementara itu, pada periode yang sama, harga rata-rata pada permintaan mobil bekas justru meningkat sekitar 5 persen dan berada di kisaran harga Rp 146 juta. Tipe MPV pun masih tetap mendominasi, baik pada listing maupun permintaan akan mobil bekas.

Di satu sisi, secara umum permintaan atas mobil seperti Avanza, Ertiga dan Xenia mengalami penurunan permintaan sekitar 50 hingga 60 persen hingga minggu pertama bulan Ramadan 2020. Namun, permintaan atas mobil mewah, seperti Toyota Fortuner, Toyota Alphard dan Mitsubishi Pajero Sport hanya mengalami penurunan sekitar 30 persen.

“Pandemi ini memang banyak memukul kelas menengah sehingga memang tipe mobil keluarga pilihan kelas menengahlah yang mengalami penurunan permintaan cukup signifikan,” kata Ichmeralda.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler