Ikhwanul Muslimin Lemah di Timur Tengah, Tapi Masih Eksis?

Ikhwanul Muslimin disebut mengalami kemunduran di Timur Tengah tetapi masih bertahan.

tangkapan layar wikipedia.org
Logo ikhwanul muslimin
Rep: Umar Mukhtar Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, Ikhwanul Muslim merupakan salah satu organisasi di Timur Tengah yang masih menjadi perdebatan serius. Di antara topik terkait organisasi yang didirikan Hasan Al-Banna ini, adalah terkait dengan masa depannya seperti apa?


Ketua Dewan Mesir sekaligus Direktur Pusat Regional untuk Kajian Strategis, Abdel Moneim Said, menulis artikel tentang masa depan Ikhwanul Muslimin yang dimuat di Ahram Online. Di awal tulisan, dia mengatakan pernah diminta untuk berbicara tentang masa depan organisasi itu sejak kelahirannya hampir sembilan dekade yang lalu.

"Secara alami, saya fokus pada asal mula Ikhwanul Muslimin dan pembentukan ideologis sebelum beralih ke bagaimana hal itu berinteraksi dengan pergolakan Musim Semi Arab yang menyebabkan perang saudara dan perselisihan, negara runtuh, dan bencana lainnya selama 10 tahun terakhir," terangnya.

Ada sejumlah perspektif ideologis, sosial dan ekonomi yang dapat digunakan untuk membahas subjek ini. Dia memilih politik karena, sama pentingnya dengan perspektif lain dalam menjelaskan Ikhwanul Muslimin, ketika semua dikatakan dan dilakukan, gerakan adalah fenomena politik yang sempurna. Ini adalah gerakan totaliter dengan ciri-ciri ideologis dan organisasional yang menempatkannya di kelas dengan Nazisme, fasisme dan komunisme serta manifestasi organisasinya yang beragam.

Kesamaan yang dimiliki semua gerakan ini, terlepas dari akar filosofisnya yang berbeda, dari epistemologis hingga eskatologis, adalah utopianisme mereka dan pengejaran kejayaan, untuk menghidupkan kembali kejayaan suatu bangsa, untuk mengamankan tiket menuju kemuliaan di surga atau untuk menciptakan surga yang mulia di bumi.

Semua gerakan ini mengurangi nilai individu manusia menjadi sejumlah keyakinan pada kredo dan ketaatan pada dogma. Tidak ada ruang bagi individu atau kekuatan kreativitas dan inovasi untuk melayani kemajuan masyarakat dan dunia di sekitar. Gerakan totaliter ini juga sangat tangguh.

Mereka mungkin menyusut dan memudar, tetapi mereka tidak mati. Mereka selamanya dapat muncul kembali dan memaksakan diri dengan cara apa pun. Selain sangat dogmatis, mereka juga sangat hierarkis dan mereka memiliki rencana kerja untuk setiap fase perkembangan mereka, atau evolusi masyarakat seperti yang mereka bayangkan.

Komunisme mungkin mengalami kekalahan dalam Perang Dingin tetapi bertahan dalam bentuk partai-partai komunis China, Vietnam, dan Korea Utara. Satu-satunya perbedaan sekarang adalah bahwa negara-negara ini telah menghapus kendali totaliter dari cara-cara produksi sambil tetap mempertahankan kendali tidak langsung atas pasar bebas dan pergerakan segala sesuatu yang masuk atau keluar.  

Nazisme dan fasisme dikalahkan dalam Perang Dunia II, tetapi mereka telah mengangkat kepala mereka lagi dalam gagasan ultra-kanan di AS dan Eropa dan, kadang-kadang, dalam manifestasi politik yang konkret.

Ikhwanul Muslimin tidak terkecuali. Filsafatnya berakar pada pandangan Kharijite kuno tentang sumber otoritas di negara bagian. Ikhwanul Muslimin memiliki hierarki yang erat dan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya untuk tahap-tahap evolusinya yang dibayangkan.

 

Pengunjuk rasa wanita anggota Ikhwanul Muslimin Yordania. (EPA-EFE/ANDRE PAIN)

Ideologi dapat bertahan melalui transmisi dari satu generasi ke generasi berikutnya selama ada ulama dan sarana untuk melestarikan teks dan sumber. Namun, pada akhirnya organisasilah yang menyebarkan ide-ide tersebut dengan cara yang sistematis.

Ini adalah kontribusi yang dibuat Hassan Al-Banna ketika dia mendirikan Ikhwanul Muslimin pada 1928 dan memberikan perwujudan organisasi pada ide-ide fundamentalis dan totaliter yang tidak memiliki penyesalan tentang menumpahkan darah di jalan menuju pemenuhan.

Inti dari ideologi dan praktik Ikhwanul Muslimin adalah posisi kekuatan atau kelemahan organisasi yang relatif dalam perjalanan menuju "pemberdayaan", sebuah konsep yang memiliki pengaruh langsung pada keseimbangan politik dan militer kekuasaan di negara dan masyarakat.

Diterjemahkan ke dalam istilah-istilah praktis, Ikhwanul Muslimin mengembangkan modus operandi yang memungkinkannya mengakomodasi sistem pemerintahan monarki, Nasserist, dan parlementer di Mesir. Pragmatisme ini, pada gilirannya, menimbulkan banyak inkonsistensi. Di satu titik, para ideolog Ikhwanul Muslimin akan mencela demokrasi multipartai karena "memecah belah umat". Selanjutnya mereka akan bersikeras bahwa kotak suara adalah wasit terakhir.

Saat ini, Ikhwanul Muslimin menempatkan dirinya, setidaknya di Barat, sebagai kelompok moderat yang percaya pada persaudaraan umat manusia dan menganut nilai-nilai liberal dan demokratis. Belum lama ini, ketika dirasakan bahwa pemberdayaan berada dalam genggamannya, dia tidak menyesal menggunakan kekerasan dan terorisme untuk mengamankannya.

Saat ini, Ikhwanul Muslimin memanifestasikan dirinya secara politik melalui kontrolnya atas masjid dan pusat dan institusi Islam di Barat dan konfrontasinya dengan pemerintah negara-negara Arab yang terhindar dari pergolakan Musim Semi Arab atau yang, seperti Mesir, bertahan dari serangan gencar.

Secara politis, organisasi ini diwakili pemerintah Turki dan mayoritas perwakilan parlemen di Tunisia, dan memiliki kehadiran yang berpengaruh di Yordania dan Maroko sementara di Sudan mereka berebut untuk menahan penurunan sejak jatuhnya rezim Omar Al-Bashir. Ikhwanul Muslimin internasional, yang hadir di lebih dari 80 negara, tidak ikut campur dalam urusan cabang-cabang lokal.

Namun, itu tetap menjadi inkubator bagi anggota Ikhwanul Muslimin dan untuk semua corak 'Islam radikal'. Dia juga bertekad untuk mempertahankan kekuatan untuk melawan dan memobilisasi sumber daya keuangan melalui jaringan bank dan bisnis di seluruh dunia. Sejumlah besar sumber daya keuangan ini disalurkan ke mesin propaganda Ikhwanul Muslimin yang terus dikedepankan organisasi dan siap untuk menyebarkan panggilan dan strateginya untuk merebut kekuasaan politik.

Meskipun banyak kekalahan dan kemunduran besar yang dialami Ikhwanul Muslimin di tingkat dunia Arab dan Islam, jelas bahwa Ikhwanul Muslimin masih sangat hidup. Dia telah menemukan perlindungan di Barat dan menikmati dukungan aktif dari Turki dan Qatar yang telah meminjamkan diri mereka sebagai tempat berlindung yang aman bagi teroris dan mesin propaganda serta markas operasional mereka.

Tiga strategi umum telah dibawa untuk menangani fenomena Ikhwanul Muslimin. Salah satunya adalah berusaha menghilangkannya melalui operasi militer dan keamanan. Alasannya, Ikhwanul Muslimin adalah organisasi bawah tanah yang harus dianggap sebagai bentuk kejahatan terorganisir.

Kedua, yaitu dengan mencoba menahannya dengan mengasimilasinya ke dalam proses politik. Ini adalah opsi yang disukai negara-negara Barat dan yang diterapkan di Tunisia dan Maroko. Pendekatan ketiga dan terbaru adalah mendorong renovasi wacana agama untuk menghidupkan kembali nilai-nilai toleransi dan moderasi Islam dan mengeringkan tanah ideologis untuk rekrutmen dan indoktrinasi Ikhwanul Muslimin dan cabang terorisnya.

Apa yang harus ditambahkan di sini adalah kebutuhan merenovasi pemikiran sekuler atau memulai fase baru dalam kebangkitan liberal Arab dengan demikian memajukan konsep negara demokratis dari semua warganya atas negara teokratis, mengejar kemajuan atas mengejar keselamatan instan, dan praktik sains atas perdukunan dan takhayul.

Negara bangsa muncul pada suatu titik dalam sejarah ketika suatu bangsa dan budaya dalam wilayah geografis tertentu dengan batas-batas yang stabil menetapkan diri sebagai suatu pemerintahan nasional.

Kemajuan adalah keadaan dinamis di mana masyarakat berevolusi dari revolusi pertanian ke revolusi industri ke revolusi pasca-industri dan TI dan seterusnya menaiki tangga kondisi kehidupan yang lebih baik. Sains adalah peningkatan kecerdasan manusia, kekuatan pemikiran rasional, penemuan dan inovasinya, dan keinginan untuk menaklukkan yang tidak diketahui daripada menyerah pada kegelapan dan ketidaktahuan.

Dorongan untuk renovasi dan reformasi adalah salah satu reaksi konstruktif orang Arab terhadap gelombang konflik dan kemunduran yang mulai melanda kawasan itu pada 2010. Hasil dari dorongan ini luar biasa di banyak negara Arab yang melembagakan perubahan radikal yang diperlukan untuk merangsang penemuan arkeologi dan kesadaran diri bersejarah, reformasi dan modernisasi pendidikan, serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebagian besar upaya ini berlangsung melalui berbagai bentuk kolaborasi dalam kerangka bernegara dan perlawanan kolektif terhadap pengaruh disintegrasi Ikhwanul Muslimin. Tetapi organisasi ini belum menemui kehancurannya.

Tingkat kemampuan manuvernya tinggi karena kemampuannya untuk mengalihkan aktivitasnya di antara banyak negara, untuk mengkalibrasi ulang strateginya berdasarkan tingkat pemberdayaan, untuk menyeimbangkan kontrol terpusat dengan kekuatan desentralisasi yang diturunkan ke cabangnya dan, di atas segalanya, untuk memanfaatkan perubahan keadaan regional dan internasional. 

Sumber:  http://english.ahram.org.eg/NewsContent/50/1204/386740/AlAhram-Weekly/Opinion/Muslim-Brotherhood-future.aspx  

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler