5 Tips Jalankan Resolusi Sehat di 2021

Apa resolusi sehat Anda untuk 2021?

www.freepik.com
Olahraga (ilustrasi). Di tahun baru, banyak orang menyimpan harapan untuk hidup lebih baik, termasuk soal kebugaran.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak perlu perdebatan lagi untuk mengatakan 2020 adalah tahun yang menantang bagi semua orang. Di tahun baru, tidak heran jika banyak orang menyimpan harapan untuk hidup lebih baik, termasuk soal kebugaran.

Sebagian orang ingin tubuhnya selalu bugar sehingga penyakit akan menjauh. Sebagian lain mungkin berniat mencapai berat badan yang menurutnya ideal. Apapun resolusi sehat untuk 2021, berikut lima kiat yang bisa dijajal.

1. Tidur cukup
Jika 2020 adalah tahun 'begadang', sebaiknya jangan ulangi itu pada 2021. Cukup tidur adalah hal paling utama, karena tubuh membutuhkan waktu istirahat. Lagi pula, siklus tidur abnormal bisa memancing berbagai penyakit.

Baca Juga


2. Atur pola makan
Mengatur pola makan bukan berarti harus menerapkan pantangan makanan tertentu atau mengikuti aturan diet ketat. Cukup lakukan dari hal kecil seperti mengganti makanan manis dan berlemak berlebihan menjadi makanan lebih sehat.

3. Olahraga
Buat tubuh aktif bergerak setiap hari supaya badan selalu bugar. Tidak perlu mendaftar ke gym atau work out dengan frekuensi berat. Bersepeda, jogging, atau hanya jalan kaki setiap pagi sudah cukup. Bisa juga dengan melakukan yoga.

 

 

 

4. Tetap terhidrasi
Cara gampang lainnya supaya tetap sehat adalah minum air dalam jumlah cukup. Tetap terhidrasi terdengar sepele, tapi dampaknya sangat besar untuk tubuh. Cukup minum membuat tubuh lebih berenergi, juga memberikan kilau pada kulit dan rambut.

5. Bersabar
Pohon yang lebat tidak tumbuh dalam sehari. Tetaplah termotivasi melakukan semua yang sudah diupayakan dan bersabar. Jangan kehilangan harapan untuk hidup bugar dan sehat karena semua itu adalah proses panjang yang membutuhkan waktu.

Core exercise atau latihan inti otot merupakan bagian penting dari program fitnes. Latihan bridge menjadi salah satu gerakan core yang mudah dilakukan (Ilustrasi olahraga fitnes) - (Flickr)


Patut diingat bahwa kesehatan adalah hal penting yang semestinya jadi prioritas. Dengan tubuh yang sehat, seseorang bisa melakukan dan mencapai apa saja, juga bakal mengarah kepada kesehatan mental.

Selain memperbaiki suasana hati, kebiasaan itu bisa terbangun menjadi gaya hidup positif. Membiasakan hidup sehat akan menjaga level energi, melancarkan metabolisme, dan meningkatkan imunitas, dikutip dari laman Times Now News, Rabu (30/12).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler