Kelompok HAM Iran: Rezim Eksekusi Tiga Oposisi

Ketiganya dinilai melakukan pemberontakan terhadap rezim yang berkuasa.

Tehran Times
Kelompok HAM Iran: Rezim Eksekusi Tiga Oposisi. Bendera Iran
Rep: Andrian Saputra Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Kelompok hak asasi Iran menyebut pemerintah Iran telah mengeksekusi tiga Muslim Sunni atas tuduhan tindakan bersenjata atau pemberontakan terhadap rezim yang berkuasa. Selain itu, tiga Muslim Sunni itu juga dituduh sebagai anggota kelompok oposisi yang dicap sebagai organisasi teroris. 

Baca Juga


Seperti dilansir Al Arabiya, Ahad (3/1), sebuah berita dari Kantor Berita Aktivis Hak Asasi Manusia (HRANA) yang merupakan situs berita yang dijalankan oleh para pembela HAM Iran melaporkan tiga orang Muslim Sunni yang bernama Hamid Rastbala, Kabir Saadat-Jahani, dan Mohammad Ali Arayesh dieksekusi di sebuah penjara yang berada di kota barat laut Mashhad. 

Disebutkan tiga Muslim itu telah ditangkap sejak 2015 dan dijatuhi hukuman mati pada 2019 atas tuduhan melakukan tindakan bersenjata terhadap rezim dan disebut sebagai kelompok oposisi yang dianggap teroris. Dilaporkan juga tiga tahanan itu sama sekali tidak diberikan pemberitahuan bahwa mereka akan dieksekusi.

 

Bahkan keluarga ketiga para tahanan itu tidak diizinkan mengunjungi mereka untuk yang terakhir. Kelompok HAM Iran juga menyebutkan Rastbala, Saadat-Jahani, dan Arayesh bahkan tak diizinkan mendapat bantuan hukum dari pengacara saat diadili dan menjadi sasaran penyiksaan di penjara. 

Muslim Sunni merupakan minoritas di Iran. Sementara negara itu lebih didominasi oleh Syiah. Aktivis Sunni mengeluhkan diskriminasi dan menuduh rezim yang berkuasa sengaja mengabaikan wilayah berpenduduk Sunni di negara itu, yaitu provinsi Sistan-Baluchestan dan Kurdistan.

 

https://english.alarabiya.net/en/News/middle-east/2021/01/03/Iran-executes-three-Sunni-citizens-for-alleged-action-against-regime-Rights-group-

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler