Semarang Kedatangan 62.560 Vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19 langsung disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan.

Antara/Aji Styawan
Petugas memindahkan boks berisi vaksin COVID-19 Sinovac kiriman dari Bio Farma ke tempat penyimpanan vaksin di gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, Senin (4/12/2020) dini hari. Jawa Tengah menerima 62.560 dosis vaksin dari total 3 juta dosis vaksin tersebut yang didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia untuk persiapan program vaksinasi tahap pertama dengan rancana pelaksanaan periode Januari - April 2021.
Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sebanyak 62.560 vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang dikirim dari Bio Farma, Jawa Barat, tiba di Semarang, Jawa Tengah, Senin dini hari pukul 03.00 WIB. Vaksin tersebut kemudian disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Tambakaji, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Puluhan ribu vaksin tersebut diangkut dengan truk boks berpendingin milik Kementerian Kesehatan. Proses distribusinya ke Semarang mendapat pengawalan anggota Brimob Polri bersenjata lengkap yang mengendarai dua unit mobil lapis baja Barracuda.

Mobil baracuda Korps Brimob Polri mengawal mobil boks berisi vaksin Covid-19 Sinovac kiriman dari Bio Farma di gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, Senin (4/12/2020) dini hari. - (Antara/Aji Styawan)

Baca Juga


Beberapa saat setelah tiba di Gudang Farmasi Dinkes Jateng, vaksin yang dikemas dalam 32 karton itu langsung dipindahkan ke ruang pendingin. Kapolsek Ngaliyan Kompol R Justinus mengatakan, jajaran Polrestabes Semarang, termasuk polsek yang dipimpinnya, mendapat tugas mengamankan dan menjaga vaksin Covid-19 sebagai objek yang sangat berharga karena berkaitan dengan keselamatan ribuan nyawa manusia.

"Pendistribusian vaksin akan diatur dan ditata oleh jajaran Dinas Kesehatan," katanya.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 secara bertahap ke 34 provinsi pada Ahad (3/1). Untuk Senin (1/4/) 2021, Bio Farma selaku distributor mengirimkan vaksin ke Provinsi Sumatra Barat, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, dan Papua.

Jawa Timur dan Jawa Tengah menjadi provinsi dengan pengiriman dosis terbanyak dengan masing-masing 77.760 dan 62.560, disusul selanjutnya dengan Lampung dengan 40.520, serta Sumatra Barat dengan 36.920. Untuk Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten, vaksin Covid-19 ini diharapkan tiba pada Senin, sedangkan untuk daerah lain ditargetkan tiba pada Selasa (5/1), kecuali Provinsi Sulawesi Barat yang dijadwalkan tiba paling lambat Kamis (7/1).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler