Prakiraan Cuaca Hari Ini 20 Oktober 2024 untuk Daerah Bandung: Berawan

republika
Red: reBot


Republika.co.id , Bandung — Memasuki bulan Oktober, Bandung dikenal dengan suasana sejuk dan pemandangan yang indah. Pada 20 Oktober 2024, Bandung mengalami cuaca serba berawan di malam hari yang memberikan kesegaran bagi warga kota. Sumber data cuaca untuk hari ini menunjukkan bahwa pada pukul 19.00, suhu di Bandung tercatat berada di angka 21°C dengan kondisi cuaca cerah berawan, diiringi angin yang berhembus dari arah timur laut ke barat daya dengan kecepatan 6,9 m/s, serta kelembapan udara sebesar 68%. Sementara itu, pada pukul 22.00, suhu turun menjadi 18°C dengan kondisi berawan, arah angin berubah dari tenggara ke barat laut dengan kecepatan melambat menjadi 2,1 m/s, dan kelembapan udara meningkat hingga 88%.

Cuaca Bandung yang cenderung berawan dan sejuk mampu memengaruhi kegiatan sehari-hari dan kenyamanan masyarakat, dari aktivitas luar ruang hingga kebutuhan berpakaian hangat di malam hari. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai detail cuaca di setiap bagian hari serta memberikan tips praktis bagi mereka yang tinggal dan berkunjung ke Bandung.

Pagi Hari

19.00 - Malam Pada malam hari, Bandung menikmati suhu yang relatif sejuk dengan suhu 21°C yang kemudian menurun menjadi 18°C. Kondisi yang berawan tampaknya mendominasi malam ini, menambah kesan dingin yang cukup terasa ketika kelembapan meningkat hingga mencapai 88%.

Siang Hari


Malam Hari

Pada malam hari, Bandung menikmati cuaca yang sangat menjanjikan dengan kondisi udara yang sejuk dan cukup lembab. Arah angin yang berubah dari timur laut menuju barat daya pada awal malam dan kemudian tenggara ke barat laut menunjukkan adanya pergeseran lapisan atmosfer yang berkontribusi pada kondisi berawan yang stabil. Tingginya kelembapan hingga 88% menjelang tengah malam bisa jadi adalah indikasi peluang untuk peningkatan awan, yang umumnya sering kali membatasi laju pendinginan suhu malam.

Mengamati kondisi cuaca di Bandung ini, tampaknya fenomena cuaca lokal seperti angin lembah dan angin gunung, yang merupakan akibat dari topografi Bandung yang dikelilingi pegunungan, bisa menyebabkan perubahan cepat dalam arah dan kecepatan angin. Ini pada gilirannya akan berdampak pada kondisi cuaca yang diamati.

Cuaca berawan ini dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari dengan mempengaruhi pandangan matahari, aktivitas luar ruangan, dan bahkan sinyal komunikasi satelit. Lebih dari itu, kondisi lembab juga menambah efek dingin saat malam hari, membuat jaket tebal dan pakaian hangat menjadi sesuatu yang perlu dipersiapkan bila Anda berencana untuk keluar atau pulang larut malam.

Sebagai panduan praktis, warga Bandung diimbau untuk menyimpan payung atau jas hujan siap sedia, karena cuaca yang berawan kadang datang bersamaan dengan gerimis ringan. Untuk menjaga kenyamanan, gunakan pakaian hangat saat bepergian di malam hari, dan nikmati udara sejuk serta pemandangan langit kota yang selalu menawan.

Bandung merupakan kota dengan dinamika cuaca yang unik. Cuaca serupa ini masih diperkirakan terjadi beberapa hari ke depan, oleh sebab itu perilaku yang bijak menghadapi cuaca adalah kunci untuk meraih kenyamanan optimal.

Artikel disusun Menggunakan AI dengan Sumber Data Terbuka BMKG

sumber : AI Generated
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler