Pemain-Pemain Muda Liverpool yang Menjanjikan

Liverpool di era Juergen Klopp terlihat di positif di beberapa bidang.

EPA-EFE/Clive Brunskill
Manajer Liverpool Jurgen Klopp
Rep: Frederikus Bata Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,  LIVERPOOL -- Liverpool di era Juergen Klopp terlihat di positif di beberapa bidang. Tim tersebut kembali akrab dengan gelar juara.

Baca Juga


The Reds juga mulai mendominasi Inggris, dan kian kompetitif di Eropa. Berikutnya, Klopp gemar mempercayai para pemain akademi. Sedikit banyak, keputusan tersebut membantu ekonomi klub.

Jadinya, kubu Merseyde Merah tak perlu mengeluarkan dana selangit ketika berbelanja. Mereka cukup mengandalkan siswa berprestasi. Tentu tidak banyak yang bisa menembus tim utama. 

Namun kemunculan sosok Trent Alexander-Arnold dan Curtis Jones menjadi contoh ideal. Arnold rajin menghuni starting xi Liverpool dalam beberapa tahun terakhir. Padahal usianya baru menyentuh angka 22.

 

 

Belakangan, ada beberapa nama berpotensi mengikuti jejak Trent dan Curtis. Terutama jika melihat badai cedera yang terus menghantam pasukan Anfield. Siapa saja para wonderkid tersebut?

Pertama ada Jake Cain dan Leighton Clarkson. Dua gelandang belia ini sering berlatih dengan tim utama. Clarkson bahkan menjalani debut di Liga Champions saat membela Liverpool menghadapi FC Midtjylland.

Sementara Cain tampil impresif bersama skuat U-23. Termasuk saar ia membuat beberapa tendangan bebas berkelas. 

"Dengan Wijnaldum yang kemungkinan hengkang, Naby Keita yang kerap dilanda cedera, serta James Milner yang mulai menua, maka ada peluang bagi para gelandang lain menembus starting xi the Reds. Kesempatan Cain dan Clarkson menjadi pesaing para seniornya," demikian laporan yang dikutip dari Liverpoolecho, Kamis (7/1).

 

 

Berikutnya ada Marcelo Pitaluga. Di situs klub, sosok 18 tahun ini terdaftar sebagai pemain di tim utama. Namun saat ini kiper muda asal Brasil itu membela skuat U-18 dan U-23 the Kop.

Pihak Merseyde Merah membeli Pitaluga dari Fluminense. Itu berdasarkan rekomendasi penjaga gawang nomor satu Liverpool saat ini, Alisson Becker. Juara dunia Piala Dunia U-17 bersama Selecao Junior itu, berpotensi menembus level teratas.

Selanjutnya, Layton Stewart. Stewart mencetak 56 gol pada musim terakhirnya bersama Liverpool U-16. Kini ia naik kelas ke tim U-23. Pada awal musim, ia sempat membela tim U-18. Ia bergerak dari sayap mirip Sadio Mane di tim utama. Ia mencetak 13 gol dari 10 pertandingan di level tersebut.

Saat striker U-23, Paul Glatzel cedera, Stewart ditarik ke tim tersebut. "Ia belum mencetak gol di tim U-23, tapi dengan kemampuan finishingnya, momen itu, diprediksi akan segera datang," tambah laporan dari Liverpoolecho.

 

 

 

Terakhir, muncul nama Mateusz Musialowski. Pria 17 tahun ini bisa ditempatkan di berbagai posisi di lini penyerangan. Caranya bergerak, sering disamakan dengan Eden Hazard. Meskipun masih panjang perjalanannya, Musialowski dinilai mendekati level itu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler