Cermat Belanja Daring, Berikut Tipsnya
Konsumen kian banyak belanja daring di tengah pandemi.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsumen semakin mengandalkan belanja daring di saat pandemi Covid-19. Pencarian produk kesahatan dan kebutuhan pokok juga meningkat.
“Jadi ada banyak sekali perubahan untuk belanja daring. Perilaku konsumen berubah dengan banyak membeli kebutuhan hobi. Tren niaga elektronik akan terus tumbuh berdasar riset bahwa pertumbuhan akan terus terjadi termasuk penggunanya selama beberapa tahun ke depan akan meningkat 1,25 x di 2025 dan 3,7x peningkatan pendapatan,” kata Danang Arradian, Ketua Forum Wartawan Teknologi (Forwat) dalam acara Ulang Tahun Ke-5 JD.ID, belum lama ini.
Kategori mode dan kosmetik masih paling tinggi, kemudian elektronik, disusul produk travel, akomodasi, makanan dan layanan pribadi. Menurut Danang, fakta tersebut sesuai dengan hobi orang Indonesia yang tergambar di media sosial.
“Jadi hobinya orang Indonesia memang hobi dandan, jalan-jalan dan makan. Jadi sangat mewakili dari riset ini,” katanya.
Dalam berbelanja daring, orang juga perlu cermat. Berikut beberapa tips saat berbelanja daring.
Tentukan produk
Produk apa yang akan dibeli harus jelas terlebih dulu. Hal ini juga agar membuat pencarian produk lebih fokus dan mendapat berbagai informasi terkait pemilihan niaga elektronik.
Pemilihan niaga elektronik sangat pening, terlebih untuk menghindari kekecewaan. Pastikan niaga elektronik yang memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna.
Komparasi harga
Bandingkan harga produk dengan pembeli di niaga elektronik terkait. Tidak harus yang termurah, tetapi dapat dilihat dari kredibilitas penjual, berapa yang sudah terjual, bagaimana testimoninya.
Jarak dekat
Jarak lebih dekat dari penjual ke tujuan konsumen bisa lebih efektif dan efisien. Jarak lebih dekat juga lebih memungkinkan kecepatan pengiriman dan minim risiko.
Promosi
Pertimbangkan juga promosi, baik dari niaga elektronik, merchant ataupun sistem pembayaran. Tentunya ini bisa lebih menghemat dan memberi keuntungan tersendiri. JD.ID misalnya, mengajak seluruh pelanggannya untuk bersama-sama menikmati berbagai promosi menarik, seperti Pasti Diskon 50 persen, Flash Sale Rp 5, Top Brand & Seller Setiap Hari, Cashback 5x, Gratis Ongkir dan Voucher Miliaran Rupiah dalam rangka ulang tahun ke-5.
Dokumentasi produk
Setelah produk sampai, jangan lula video dan foto saat unboxing untuk mendokumentasikan. Hal ini juga bisa membantu calon pembeli lainnya untuk tidak ragu berbelanja.
Leo Haryono, Chief Marketing Officer JD.ID menyadari pandemi masih menjadi bahasan utama tahun ini. JD.ID terus berusaha memaksimalkan pengalaman berbelanja para pelanggan sehingga mereka dapat berbelanja dari rumah dengan nyaman dan bebas repot.
“Tahun ini JD.ID akan terus mengembangkan kapabilitasnya dan berkomitmen memberikan layanan terbaik, terpercaya, dan andal bagi seluruh pelanggan, agar aktivitas belanja menjadi lebih mudah, aman, dan nyaman,” katanya.