Pastikan Layanan Prima, Telkom Siapkan 20 Ribu Petugas

Telkom mengoperasikan 88 posko dengan lebih dari 20 ribu petugas

Telkom Indonesia
Telkom
Rep: Muhammad Nursyamsi Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melakukan berbagai persiapan dan upaya pengamanan infrastruktur demi memastikan kualitas layanan diterima masyarakat tetap prima jelang lebaran. Telkom menyiagakan hingga 20 ribu petugas untuk menjamin pelayanan prima.

Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko, mengatakan Telkom mengoperasikan 88 posko dengan lebih dari 20 ribu petugas, baik nasional, Telkom Regional, divisi fungsi atau unit bisnis hingga anak perusahaan untuk memonitor kualitas layanan Telkom Group hingga 18 Mei 2021. Adapun seluruh petugas posko memantau layanan Telkom Group secara digital melalui aplikasi.

Baca Juga



Menurut Herlan, di tengah pandemi yang masih berlangsung dan imbauan larangan mudik memiliki potensi pada meningkatnya trafik telekomunikasi yang mana masyarakat akan sangat mengandalkan konektivitas untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

"Kami berkomitmen memberikan kenyamanan kepada seluruh masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan memberikan layanan yang prima dan berkualitas yang dimonitor rutin melalui posko layanan yang terintegrasi," ungkap Herlan dalam siaran persnya, Senin (10/5).

Dengan adanya konektivitas yang andal, Herlan berharap masyarakat dapat dengan mudah berkomunikasi baik melalui telepon, video conference hingga berbagi konten lebaran. Herlan juga mengapresiasi petugas posko yang mendedikasikan diri untuk mengawal layanan Telkom Group meski
dalam suasana merayakan Hari Raya. Herlan berpesan fokus empat hal yakni disiplin operasi, quick response, quick action serta utamakan keamanan dan keselamatan.

Herlan juga menyampaikan progres pemulihan layanan Telkom Group di Jayapura yang sempat terganggu sebagai dampak putusnya sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak-Sarmi.

"Alhamdulillah kapasitas bandwidth Telkom di Jayapura yang sudah up mencapai 2 Gbps di mana 500 Mbps dukungan dari infrastruktur Palapa Ring Timur dan 1.507 Mbps dari link satelit yang dioperasikan Telkomsat," lanjut Herlan.

Telkom, sambung Herlan, juga sudah menyiapkan kapal yang akan berangkat untuk melakukan penyambungan dan perbaikan pada kabel yang terputus. Herlan menerangkan, total kapasitas bandwidth Telkom yang pulih di Jayapura saat ini mencapai 2,007 Gbps. Telkom terus mengupayakan agar kapasitas ini semakin meningkat dengan mengerahkan teknisi dan petugas lapangan untuk pengaktifan link back up serta mengawal proses pemulihan layanan agar segera terselesaikan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler