Unai Simon Ini dinilai Ikuti Jejak Iker Casillas

Perjalanan Simon masih panjang namun dia telah tampil baik sepanjang Euro 2020

AP/Martin Meissner
Penjaga gawang Spanyol Unai Simon merayakan gol kelima timnya pada pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Kroasia dan Spanyol di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Senin (28/6).
Rep: Frederikus Bata Red: Muhammad Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, SAINT PETERSBURG -- Tim nasional Spanyol melaju ke semifinal Piala Eropa 2020, secara dramatis. Pada babak delapan besar, La Roja menyudahi perlawanan Swiss.

Sepanjang 120 menit, kedua kubu bermain imbang 1-1 di Zenit Stadium, Saint Peterburg, Sabtu (3/7) dini hari WIB. Duel berlanjut ke sesi adu penalti.

Pada tahapan tersebut, Kiper skuat Matador, Unai Simon, menjadi pahlawan. Ia menepis dua tendangan armada Rossocrociati.

"Simon mengikuti jejak Iker Casillas," demikian laporan yang dikutip dari Football Espana.

Pada 2008 lalu, Spanyol jumpa Italia di perempatfinal Piala Eropa. Hingga perpanjangan waktu, skor tetap 0-0. Di sesi adu penalti, Casillas menunjukkan magisnya. Ia menepis tendangan dua penggawa Gli Azzurri.

La Roja keluar sebagai juara. Casillas juga tampil heroik di beberapa kesempatan. Ia memblok tendangan penalti jugador Paraguay, Oscar Cardozo pada Piala Dunia 2010. Kejadian tersebut, terjadi pada waktu normal.

Kemudian pada semifinal Piala Eropa 2012. Saat itu, La Roja menyudahi langkah Portugal. Pada babak adu penalti, Casillas menjadi tumpuan rekan-rekannya. Timnya lolos ke final, dan menjadi juara.

Dari 2008 hingga 2012, Spanyol berada di atas angin. Mereka berstatus juara Eropa dan dunia.

Perjalanan Simon masih panjang. Namun setidaknya, ia telah tampil baik sepanjang Euro 2020.

Ia sempat melakukan blunder ketika Spanyol jumpa Kroasia di babak 16 besar. Usai membuat kesalahan fatal yang berbuah gol ke gawangnya sendiri, kiper Athletic Bilbao ini menggagalkan sejumlah peluang emas the Blazers.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler