Menguji Varian Vespa Terbuas

Republika menjajal Vespa GTS 300 Super Tech.

Republika/eric
Vespa GTS 300 Super Tech jadi varian Vespa dengan mesin paling besar dan fitur paling canggih
Rep: Eric Iskandarsjah Z Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vespa dikenal lewat produk yang hadir dengan perpaduan desain klasik dan teknologi mutakhir. Hal itu pun ditegaskan lewat kehadiran Vespa GTS 300 Super Tech.

Piaggio mengklaim, produk ini merupakan produk Vespa dengan tenaga terbesar sepanjang sejarah. Karena, Vespa bongsor ini ditunjang oleh mesin berkapasitas 278cc.

Kali ini, Republika.co.id berkesempatan untuk menjajal produk tersebut. Lewat kesempatan ini, Republika.co.id ingin membuktikan soal performa, kenyamanan serta kepraktisan dari Vespa GTS 300 Super Tech ini untuk dibawa melintasi jalanan di Jakarta.

Secara tampilan, produk ini sekilas terlihat sangat mirip dengan Vespa GTS 150. Tapi, produk ini hadir dengan aksen warna yang unik serta panel meter yang lebih canggih.

Saat mulai mengendarai motor ini, kesan pertama yang langsung dirasakan adalah soal getaran mesin yang lebih smooth dibanding produk Vespa lainnya.  Artinya, dari sisi getaran mesin, pengendara dibuat tak mengira bahwa motor ini dibekali dengan mesin yang cukup besar.

Pengendara baru menyadari hal itu saat mulai melakukan akselerasi. Karena, meski mesinnya sangat halus, namun mesin ini mampu menghadirkan akselerasi yang cukup spontan.

Hal itu dapat terwujud karena Vespa GTS 300 Super Tech hadir dengan mesin high performance engine (HPE)  yang mampu menyajikan output sebesar 23,5 daya kuda dan torsi sebesar 26 Nm.

Dengan mesin ini, Vespa GTS 300 Super Tech jadi Vespa yang paling asyik untuk diajak bermanuver di jalanan ibu kota. Tenaga sebesar itu pun rasanya juga membuat Vespa ini cukup mumpuni untuk diajak berjelajah dan melibas tanjakan curam.

Apalagi, Vespa ini juga telah dilengkapi dengan sejumlah fitur keamanan seperti ABS dual channels serta fitur anti slip regulation (ASR). Lewat fitur ini, pengendara pun dibuat makin confidence untuk melakukan manuver dalam berbagai kondisi jalan.

Soal kepraktisan, hal ini sangat ditunjang oleh hadirnya panel meter digital dengan layar TFT. Karena, fitur ini jadi yang membuat smartphone pengendara mampu terkoneksi lewat aplikasi Vespa MIA.

Dengan fitur ini, maka pengendara dapat melakukan navigasi dengen lebih mudah. Karena, map pada aplikasi Vespa MIA dapat ditampilan pada panel meter.

Selain itu, fitur ini pun makin memudahkan pengendara yang bepergian menggunakan intercom. Karena, saat Vespa MIA terkoneksi dengan smartphone dan intercom, maka panel mater mampu menampilkan informasi yang lebih luas.

Baca Juga


Sejumlah informasi yang ditampilan itu diantaranya adalah notifikasi panggilan telepon serta informasi soal playlist musik yang tengah diputar oleh pengendara. Lewat fitur ini, maka pengendara dibuat lebih praktis saat akan mengangkat telepon maupun mengganti lagu yang akan diiputar dalam sepanjang perjalanan.

Soal harga, Piaggio Indonesia memasarkan Vespa GTS 300 Super Tech dengan harga Rp 154,2 juta on the road Jakarta. Produk ini pun bisa jadi pilihan bagi pecinta roda dua yang menginginkan kendaraan dengan desain ikonik, bertenaga dan canggih namun tampil dengan nuansa low profile.

Meskipun, pengendara harus rela sedikit merasakan hawa panas yang keluar dari kisi-kisi bagian depan. Mengingat, Vespa GTS 300 Super Tech dilengkapi dengan radiator yang terletak pada bagian depan.

Udara panas itu terasa mengalir ke bagian lutut dan tangan pengendara saat kipas radiator beroperasi ketika mesin membutuhkan pendinginan ekstra. Saat kipas beroperasi, kipas itu pun mengeluarkan suara yang cukup kencang sehingga membuat motor ini terdengar lebih bising.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler