Olaf Scholz Dilantik Sebagai Kanselir Baru Jerman

Scholz menggantikan Angela Merkel yang sudah menjabat selama 16 tahun.

AP/Markus Schreiber
Kanselir Jerman yang baru terpilih Olaf Scholz, kanan, telah memberikan bunga kepada mantan Kanselir Angela Merkel selama upacara serah terima di kanselir di Berlin, Rabu, 8 Desember 2021.
Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, BERLING -- Olaf Scholz dilantik sebagai kanselir baru Jerman pada Rabu. Ia mengantikan Angela Merkel yang sudah menjabat selama 16 tahun.

Scholz, dari Partai Sosial Demokrat mendapat terpilih sebagai kanselir oleh parlemen bersama dengan mitra koalisi barunya, Partai Hijau dan Demokrat Bebas. Politisi karir berusia 63 tahun itu mendapat 395 dari 707 total suara parlemen yang sah, lebih dari 369 suara yang dia butuhkan untuk mendapatkan posisi tersebut.

Anggota koalisi Partai Sosial Demokrat (SPD), Partai Hijau, dan Demokrat Bebas (FDP) memiliki total 416 kursi di Bundestag (parlemen).

Baca Juga


Sumber, https://www.aa.com.tr/id/dunia/olaf-scholz-dilantik-sebagai-kanselir-baru-jerman/2441898
Partai Sosial Demokrat menang tipis dalam pemilihan 26 September atas Partai Demokrat Kristen Angela Merkel, dan berhasil menuntaskan kesepakatan koalisi dengan dua partai kecil setelah berbulan-bulan melakukan negosiasi.

Kanselir lama Jerman, Angela Merkel, tidak mencalonkan diri dalam pemilihan, dan dia berhenti dari politik. Merkel, kanselir wanita pertama Jerman, menjalani masa jabatan terlama kedua abad ini, setelah Helmut Kohl, yang menjabat 11 hari lebih lama darinya.

sumber : Anadolu
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler