Persebaya Akui Keberatan dengan Laga Tunda Pekan Ke-17

Aji mengelak jika ini hanya alasan agar Persebaya kembali menunda pertandingan.

DOK MEDIA PERSIJA
Pelatih Persebaya Aji Santoso.
Rep: Hartifiany Praisra Red: Muhammad Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persebaya Surabaya akan bertemu Bali United di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar pada Rabu (5/1/2022). Laga ini adalah laga pekan ke-17 yang ditunda karena banyaknya pemain absen karena timnas.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso mengakui tetap keberatan dengan laga besok. Menurutnya, PSSI sebagai federasi tidak menepati janjinya untuk menjalankan laga tunda ketika pemain timnas sudah bersama dengan tim.

"Seharusnya pertandingan besok ditunda, karena sampai siang ini pemain timnas kami belum bergabung dengan tim, karena sebelumnya PSSI menjanjikan pertandignan ke-17 itu ditunda karena dua pemain kami dipanggil lagi ke timnas," kata Aji dalam konferensi pers jelang laga, Selasa (4/1/2021).

Sebelumnya timnas hanya mengambil dua pemain dari setiap klub. Dimana Persebaya diwakili oleh Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto. Namun saat mendekati turnamen Piala AFF, dua pemain Persebaya, Ernando Ari dan Rizky Ridho kembali mendapat panggilan untuk memperkuat timnas.

Karena itu pula laga kontra Bali United yang seharusnya digelar pada pekan ketiga Desember menjadi diundur. Menurut Aji, jika akhirnya empat pemain timnasnya tidak memperkuat tim, maka seharusnya laga tidak perlu ditunda.

"Kalau di pertandingan ini kami tetap tanpa pemain timnas, yang kemarin tetap saja lanjutkan, buat apa ditunda. Saya tahu persaingan di kompetisi sangat ketat dan tentunya ini jadi kerugian bagi kami," kata Aji.

Aji mengelak jika ini hanya alasan agar Persebaya kembali menunda pertandingan. Menurutnya, Persebaya telah dirugikan sejak laga ditunda kemarin. Dia pun mengakui klub lain tentu akan keberatan jika mengalami hal serupa dengan timnya.

"Kami  bangga bisa menyumbangkan empat pemain, tapi kami dirugikan karena sudah dijanjikan pertandingan pekan 17 ditunda tapi saat ini tetap dimainkan meski tanpa pemain timnas," kata Aji.

"Kalau memang tidak bisa (ditunda), kami tidak ada masalah. Kami siap, tapi kami butuh berkomitmen," kata Aji.

Beruntung, pemain yang tersedia dalam keadaan siap untuk menghadapi Bali United. Aji pun tetap memberikan target untuk mengambil poin dari Bali United.

"Semua dalam keadaan baik, tidak ada masalah, pemain dalam keadaan bagus. Mudah-mudahan besok kami bisa memainkan pertandingan yang menghibur dan bisa mengambil poin," kata Aji.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler