Yamaha Fazzio, Skutik Gaya Retro dengan Fitur Canggih, Ancaman Terbaru Honda Scoopy dan Vespa

Produk motor matic terbaru dari Yamaha, Fazzio Hybrid-Connected, telah terjual sebanyak 1.000 unit dalam waktu lima jam.

network /Cari Cuan
.
Rep: Cari Cuan Red: Partner
Yamaha Fazzio Varian Lux (foto: motorplus-online.com)

Pasar sepeda motor skutik kelas entry bergaya retro memasuki episode baru setelah kehadiran Yamaha Fazzio Hybrid-Connected di pasar otomotif roda dua Indonesia sejak Senin, 17 Januari 2022. Motor baru ini memiliki desain unik, fitur menarik, dan masuk keluarga Classy Yamaha.

Dari segi desain Yamaha Fazzio bisa dibilang sebagai pesaing kelas berat untuk motor sejenis yang lebih dulu hadir, Vespa dan Honda Scoopy. Motor anyar Yamaha ini dibekali mesin 125 cc dengan teknologi Blue Core Hybrid terbaru. Teknologi Blue Core Hybrid diklaim Yamaha bisa membuat motor mendapatkan akselerasi awal yang bertenaga dan halus dengan power assist yang bersumber dari baterai.

Kerennya, motor matic Yamaha ini punya mesin Hybrid, dengan menggabungkan teknologi motor listrik dengan mesin bensin. Motor listrik bekerja dari perangkat Electric Power Assist Start yang memudahkan motor melaju saat awal gas.

Tarikan awal itu terbantu selama tiga detik pertama dari dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start, yang diklaim bermanfaat saat membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

Selain itu, beragam fitur kekinian yang disukai kawula muda tersemat pada Yamaha Fazzio. Seperti fitur Stop & Start System yang mematikan mesin sementara saat berhenti lebih dari 5 detik. Fitur Stop & Start System ini tentu membuat irit bensin. Motor bisa langsung menyala lagi saat menarik tuas gas.

Ada pula fitur One Push Start, Smart Key System, dan Answer Back, serta konektivitas Bluetooth pada panel instrumen digital menggunakan aplikasi Y-Connect yang bisa terintegrasi dengan smartphone. Menariknya lagi, ada slot USB untuk mengecharge smartphone pengendara.

Sementara untuk menunjang mobilitas, Yamaha Fazzio sudah dibekali dengan kapasitas bagasi 17,8 liter, double hook carabiner, open pocket di sebelah kanan, dan socket charger di sebelah kiri dengan kompartemen yang tertutup, plus lampu hazard.


Yamaha Fazzio.

Yamaha Fazzio dijual dalam dua varian, yakni Lux dan Neo. Dari sisi harga, selisih banderol varian Neo dan Lux tidak terlalu jauh. Varian Neo dibanderol Rp 21,7 juta, sedangkan varian Lux dihargai Rp 22 juta. Hanya selisih Rp 300 ribu. Lantas dengan selisih harga yang tak seberapa, apakah perbedaan dua varian itu tampak mencolok?

Hmn, sudah jelas, tentu saja tidak. Perbedaannya memang tak terlalu banyak. Varian Neo memiliki lebih banyak opsi warna, yakni sebanyak empat warna, Neo Cyan, Neo Red, Neo Beige, dan Neo Black. Sementara varian Lux hanya hadir dalam dua pilihan warna, yakni Matte Black dan Prestige Silver.

Perbedaan berikutnya ada pada warna jok. Varian Neo menggunakan jok berwarna hitam, sedangkan jok varian Lux berwarna coklat.

Varian Lux juga menggunakan aksen krom pada bagian dasi depan serta bodi samping bagian belakang. Sementara pada varian Neo, bagian dasi dan bodi samping belakang menggunakan corak warna yang disesuaikan dengan cat motor.

Adapun dari sisi mesin dan fitur, tak ada perbedaan mencolok antara varian Neo dan Lux. Kedua varian sama-sama menggendong mesin 125 cc satu silinder dengan daya maksimal 6,2 kW di 6.500 rpm dan torsi maksimal 10,6 Nm di 4.500 rpm.

Dengan sejumlah keunggulan itu, wajar jika Yamaha Fazzio termasuk laris manis sejak diluncurkan pada 17 Januari 2022 kemarin. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada akhir Januari 2022 ini mengumumkan bahwa Yamaha Fazzio telah terjual sebanyak 1.000 unit dalam waktu lima jam. Pencapaian itu diraih berkat pemesanan online yang dilakukan Yamaha bersama e-commerce Blibli.com.

Agaknya, dengan mengadaptasi sejumlah teknologi terbaru dan beragam fitur canggih lainnya, Yamaha Fazzio punya daya tarik tersendiri untuk para konsumen. Apalagi, Yamaha membuka pemesanan di e-commerce Blibli.com. Konsumen dapat menikmati program cashback dan potongan harga hingga Rp 2,5 juta untuk setiap pembelian unit terbaru produk Yamaha Indonesia Motor hingga 31 Januari 2022.

sumber : https://caricuan.republika.co.id/posts/35817/yamaha-fazzio-skutik-gaya-retro-dengan-fitur-canggih-ancaman-terbaru-honda-scoopy-dan-vespa
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler