Latihan Pelayanan Prima, DAFI Pesantren Gelar Super Service Excellence!
DAFI Pesantren memiliki tujuan dalam mewujudkan kualitas dan fasilitas yang memadai bagi para wali santrinya
Retizen Republika.co.id. DAFI Pesantren Al Quran Science seakan tak berhenti untuk terus meningkatkan performa lembaganya dalam mencapai visi - misi untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh pegawai maupun para santrinya. Lembaga yang berlokasi di dua wilayah ini, yakni DAFI Anggaswangi di Jalan Putera Bangsa No. 1 Anggaswangi, Kabupaten Sidoarjo dan DAFI Sarirogo yang berlokasi di Jalan Baitul Mustaqim No. 1 Sarirogo, Kabupaten Sidoarjo. Pihak DAFI Pesantren ini memiliki tujuan dalam mewujudkan kualitas dan fasilitas yang memadai bagi para wali santrinya yakni menggelar sebuah pelatihan yang dinamakan "Training of Service Excellence" dengan tema "Excellent Service, Excellent Personality" pada hari Sabtu, 29 Januari 2022.
DAFI Pesantren Al Quran Science menghadirkan seorang narasumber berskala nasional dan sudah berpengalaman mengelilingi beberapa negara di Eropa maupun Asia yang bernama Coach Misbakhul Munir, M.M. Beliau menciptakan motivasi dalam kegiatan ini yakni ingin lembaga pendidikan islam memiliki layanan terbaik, serta peningkatan kualitas SDM sehingga menjadi profesional dalam layanan.
Seperti yang dilansir oleh kontributor, Ustadz Agus Hariadi, S.Pd.I. Al Hafizh dalam sambutannya menyampaikan bahwa DAFI Pesantren Al Quran Science harus menjadi lembaga yang mampu memberikan layanan terbaik bagi seluruh wali santri dengan memperhatikan aspek fasilitas, dan pemberdayaan SDM (para guru dan karyawan) secara maksimal. Coach Misbakhul juga menambahkan bahwa alasan mengapa kegiatan ini harus dilaksanakan adalah menjadi hasil riset yang membuktikan bahwa layanan prima akan menjadikan customer (pelanggan) loyal terhadap lembaga.
Upaya yang harus diterapkan dalam Service Excellence terhadap para wali santri DAFI adalah memenuhi seluruh jaminan kualitas yang dijanjikan oleh lembaga. Coach Misbakhul pun sangat bersemangat memberikan wawasan bahwa strategi yang diterapkan oleh lembaga dalam pelaksanaan program Service Excellence berfokus pada empat aspek yang disebut dengan TERRA (Layanan pada aspek Tangible, Emphatic, Responsif, Reliability, Assurance).
Saat penghujung acara pelatihan, Coach Misbakhul telah membocorkan langkah-langkah strategis yang harus dilaksanakan oleh pihak sekolah SMP dan MA DAFI adalah sebagai berikut (enam langkah) :
1. Dimulai dari perubahan mindset
2. Pembentukan Tim
3. Sosialisasi Program
4. Penyusunan Rencana Program
5. Evaluasi Rutin
6. Pengawalan Budaya Perubahan .
Harapan yang disampaikan kepada seluruh guru, karyawan dan warga SMP/MA Darul Fikri Sidoarjo adalah hal ini harus menjadikan Service Excellence sebagai budaya lembaga/organisasi secara umum, dan khususnya bagi DAFI Pesantren Al Quran Science sendiri. Semoga makin sukses dalam memberikan layanan terbaik bagi seluruh wali santri, sambung Coach Misbakhul dalam penutupan acara kemarin (29/01).