Posko BRI Peduli Bantu Warga Terdampak Gempa Pasaman Barat

Keberadaan Posko BRI Peduli tersebut dapat mempercepat penyaluran bantuan BRI Group

AP/Marsulai
Orang-orang memeriksa masjid yang rusak setelah gempa bumi di Pasaman, Sumatera Barat, Indonesia, Jumat, 25 Februari 2022.
Rep: m nursyamsi Red: Hiru Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menyalurkan bantuan tanggap bencana kepada korban bencana alam yang terjadi di Indonesia. Kali ini bantuan diberikan kepada masyarakat di Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat setelah gempa bumi berkekuatan 5,2 Magnitudo melanda wilayah tersebut pada Jumat (25/2).

Baca Juga


Bantuan diberikan dengan membangun Posko BRI Peduli, yang berlokasi di Jalan Simpang empat – Talu, Desa Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. 

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto berharap keberadaan Posko BRI Peduli tersebut dapat mempercepat penyaluran bantuan dari BRI Group serta meningkatkan pelayanan bagi warga terdampak bencana gempa di Pasaman Barat.

“Pada tahap awal setelah terjadi gempa, BRI bergerak cepat menyalurkan paket makanan cepat saji bagi warga terdampak bencana. Satuan bencana BRI, Tim Elang dan karyawan BRI setempat juga bahu membahu untuk turun langsung memberikan bantuan di lapangan," ujar Aestika dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (27/2).

Setelah menyalurkan bantuan makanan cepat saji, lanjut Aestika, BRI Kembali memberikan bantuan-bantuan lain berupa pemberian paket sembako, makanan instan dan menyediakan satu unit Ambulance untuk menolong warga.

"Kami memastikan bantuan telah tersalurkan kepada masyrakat terdampak bencana gempa Pasaman  Barat. Melalui unit kerja kami di setiap wilayah, kami pastikan BRI terus bergerak cepat memberikan bantuan tanggap bencana," ungkap Aestika.

Aestika menegaskan BRI juga terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk bersinergi dalam menyalurkan bantuan kepada korban bencana gempa sebagai upaya meringankan beban masyarakat dan mempercepat pemulihan pasca bencana.

"BRI sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia selalu turut berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana. Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian dan ketulusan BRI kepada masyarakat untuk dapat segera bangkit dari masa-masa sulit," ucap Aestika.

Aestika menyampaikan pelayanan perbankan tetap berjalan optimal. Dia katakan, BRI juga memastikan layanan perbankan di Pasaman Barat pascagempa tetap berjalan normal sehingga masyarakat dapat melakukan transaksi perbankan.

Aestika menyebut BRI telah melakukan pemantauan dan inventarisasi aset yang terdampak dan hingga saat ini kondisi Kantor maupun Unit Kerja BRI di daerah terdampak bencana dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan yang signifikan.

Selain itu, lanjut Aestika, BRI juga turut berupaya menyiagakan unit kerjanya untuk dapat memberikan layanan perbankan agar kegiatan perekonomian dapat segera berangsur pulih. 

"Masyarakat juga dapat bertransaksi secara normal melalui layanan e-channel seperti ATM dan CRM, hingga Agen BRILink. Selain itu juga ada layanan e-banking BRI seperti mobile banking, internet banking juga tetap tersedia untuk melayani kebutuhan perbankan bagi nasabah," kata Aestika menambahkan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler