Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile
Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile
PT PLN (Persero) memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengecek tagihan listrik secara mandiri.
Kemudahan tersebut khususnya bagi pelanggan postpaid atau pascabayar. Rupanya, awal bulan menjadi waktu yang tepat untuk mengecek dan melakukan pembayaran tagihan listrik pemakaian bulan sebelumnya.
Dijelaskan Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi, pembayaran di awal bulan memudahkan pelanggan untuk bisa menikmati fasilitas kelistrikan.
Sebab, menurut Agung, jika sampai terlambat membayar, maka pelanggan akan dikenakan denda dan dapat dilakukan pemutusan sambungan listrik. Lalu bagaimana cara cek tagihan listrik bagi pelanggan postpaid?
"Para pelanggan kini tak perlu lagi menunggu petugas PLN mengirimkan tagihan secara manual. Para pelanggan bisa langsung mengakses PLN Mobile untuk mengecek tagihan listrik yang harus dibayar," ujar Agung.
Berikut dibawah adalah Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile :
1. Download aplikasi PLN Mobile di Google Play Store. [DOWNLOAD DISINI]
2. Setelah diinstal, login akun kamu di aplikasi. Jika belum punya akun, bisa pilih "Daftar".
- Kamu harus isi nama lengkap, IDPEL/Nomor Meter, lokasi, nomor handphone, email, dan password sebanyak 6 digit.
3. Selanjutnya, pilih tab "Informasi" di halaman depan aplikasi PLN Mobile, lalu ketuk "Informasi Tagihan dan Token Listrik".
4. Di Halaman "Informasi Tagihan dan Token Listrik", tertera grafik naik-turun yang memperlihatkan pemakaian dan jumlah tagian listrik kamu.
- Garis hijau menunjukkan jumlah tagihan dalam rupiah, lalu garis kuning merupakan pemakaian listrik dalam hitungan kWh meter.
5. Dari data yang tersedia di aplikasi tersebut, kamu bisa hitung besaran tagihan, apakah sesuai dengan pemakaian listrik yang digunakan atau tidak.