Will Smith Ungkap Sosok Aktor Emancipation yang tak Mau Menyapanya

Will Smith membintangi Emancipation bersama Ben Foster.

Dok Apple TV+
Poster film Emancipation yang dibintangi Will Smith. Setelah tertunda penayangannya akibat insiden Oscar sang bintang, film Apple TV+ ini bisa tayang di bioskop.
Rep: Rahma Sulistya Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Will Smith menceritakan pengalamannya saat menjalani syuting Emancipation. Ketika hari pertama, ia tampak gemetar. Lawan mainnya, Ben Foster, yang berperan sebagai penangkap budak Jim Fassel, tidak menegurnya saat di lokasi syuting.

"Dalam benak saya, saya memberikan yang terbaik sebagai Will Smith, dan Ben berjalan melewati saya dan tidak mengatakan apa-apa. Dalam hati saya berpikir, 'Oh, dia pasti tidak melihat saya'. Tetapi kemudian selama enam bulan, dia tidak pernah berbicara dengan saya," kata Smith dalam Red Table Talk, dikutip dari Fox News, Rabu (14/12/2022).

Menurut Smith, Foster bahkan sama sekali tidak melakukan kontak mata dengannya, seolah menganggap dirinya tak pernah ada di lokasi syuting tersebut. Meski begitu, Smith sangat memahami sikap Foster itu.

Baca Juga


"Dan saya benar-benar memuji Ben karena telah memasukkan saya ke kedalaman karakter dan fokus berikutnya," ujar dia.

Setelah enam bulan, pada suatu hari Foster memutuskan untuk memperkenalkan diri kepada Smith. Menurut Smith, Foster yang tak menghampiri layar monitor tiba-tiba datang dan menonton hasil pengambilan gambar.

Itu merupakan hari terakhir Foster berakting untuk Emancipation. Smith lantas menatap Foster dan lawan mainnya itu menyapa sambil memperkenalkan diri.

Di bagian lain episode tersebut, Smith berbicara tentang perubahan karakternya menjadi Peter serta pengalaman lainnya saat menjalani proses syuting. Emancipation bercerita tentang Peter Smith, seorang budak yang melarikan diri dari perkebunan di Louisiana, AS pada 1860-an.

"Saya dipanggil "negro" 100 kali sehari oleh aktor-aktor yang sangat bagus, oleh aktor yang sangat sangat bagus. Ini kasar. Ini memutar pikiranku. Aku harus benar-benar berhati-hati karena aku pasti memutar pikiranku," kata pemeran Gemini Man itu.

Smith juga mengungkap momen dirinya benar-benar menyatu dengan karakternya. Episode itu juga menampilkan cuplikan di balik layar saat Smith berada di lemari pakaian, terjebak dengan rantai leher selama 15 menit.

Emancipation adalah film pertama Smith sejak kontroversi yang terjadi di panggung Oscar 2022. Smith dilarang menghadiri Academy Awards apa pun selama 10 tahun ke depan, setelah menampar Chris Rock yang membuat lelucon tentang istrinya, Jada Pinkett-Smith. Film baru Smith tayang di bioskop pada 9 Desember 2022.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler