Bisa Disewa Pelanggan, KAI Sediakan Perjalanan Kereta Api Lebih Eksklusif dengan Kereta Luar Biasa
Diharapkan hadirnya layanan KLB ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati perjalanan kereta api yang lebih eksklusif dan tetap aman.
JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan Kereta Api Luar Biasa (KLB) yang dapat disewa pelanggan dan dapat menentukan jenis kereta api, jadwal, serta stasiun keberangkatan dan kedatangan.
Seperti yang sedang viral di media sosial, terdapat KLB rombongan SMAN 3 Bandung keberangkatan dari Stasiun Bandung hari Jumat (12/5) pukul 06.20 menuju Stasiun Surabaya Gubeng datang pada hari Jumat (12/5) pukul 17.06.
Dalam satu rangkaian KLB SMAN 3 Bandung tersebut menggunakan 7 gerbong kelas eksekutif dengan kapasitas 350 penumpang.
“Masyarakat yang ingin menyewa KLB, dapat menghubungi melalui Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, media sosial KAI121, atau customer service di stasiun,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.
Calon pelanggan selanjutnya mengajukan surat permohonan angkutan rombongan yang berisi jumlah penumpang, relasi, dan jadwal perjalanan. Setelah itu, KAI akan mengecek ketersediaan rangkaian dan membuat penawaran tarif. Jika telah terjadi kesepakatan, lalu dibuatkan berita acara kesepakatan.
Pada berita acara kesepakatan ini, ada DP (uang muka) yang harus dibayar. Kalau DP sudah dibayarkan, KAI akan menyiapkan sarana kereta apinya.
Calon pelanggan KLB diharapkan melakukan pendaftaran minimal H-7 sebelum keberangkatan karena KAI perlu menyiapkan segala aspek agar pelayanan KLB optimal.
“Diharapkan hadirnya layanan KLB ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati perjalanan kereta api yang lebih eksklusif dan tetap aman, nyaman, dan sehat, KAI berkomitmen utk selalu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat," tutup Joni.