Nih, Nama Anggota Coldplay, Bukan Cuma Chris Martin

Coldplay terbentuk pada 1996 dan sejauh ini sudah merilis sembilan album.

network /Masrinedi Umar Umar
.
Rep: Masrinedi Umar Umar Red: Partner
Sumber: Republika

IBUWARUNG -- Setelah menanti bertahun-tahun lamanya, penggemar Coldplay kini bisa melihat langsung idola mereka manggung. Coldplay dipastikan melakukan konser di Indonesia pada 15 November 2023.


Konser ini merupakan rangkaian tur album terbaru mereka yang dirilis pada 2021. Coldplay Music of the Spheres World Tour, demikian mereka menyebut tur konser kali ini.

Indonesia merupakan salah satu negara pendengar musik Coldplay terbesar. Anak-anak generasi 1990-an sudah pasti kenal dengan band satu ini.

Kalau kamu, seberapa kenal dengan Coldplay? Nih, ibuwarung kasi bocoran, jangan cuma tau Chris Martin doang!

Coldplay adalah band asal Inggris yang terbentuk pada 1996. Mereka adalah teman sekolah yang terdiri dari Chris Martin sebagai vokalis, Jonny Buckland sebagai gitaris, Guy Berryman memegang bas, dan Will Champion sebagai penabuh drum.

Mereka menelurkan album pertama Parachutes pada 2000 dengan single "Yellow" yang menjadi salah satu lagu terbaik Coldplay sepanjang masa.

Setelahnya, Coldplay mengeluarkan total sembilan album, yaitu A Rush of Blood to the Head (2002), X&Y (2005), Viva la Vida or Death and All His Friends (2008), Mylo Xyloto (2011), Ghost Stories (2014), A Head Full of Dreams (2015), dan Everyday Life (2019). Terbaru, Coldplay merilis album Music of the Spheres (2021) yang menjadi tema tur kali ini.

Anggota Coldplay dari kiri: Jonny Buckland, Chris Martin, Guy Berryman, Will Champion.

Dilansir American Songwriter, sepanjang karir Coldplay, mereka telah membawakan sejumlah genre musik, mulai dari rock alternatif hingga elektropop dan EDM. Sementara album mereka sebelumnya mengambil nada yang lebih gelap, mengingatkan kita pada nama-nama alternatif seperti U2, Muse, dan Jeff Buckley, rilis yang lebih baru diisi dengan nada yang lebih cerah dan elemen disko dan funk. Namun, lirik yang meditatif dan penuh emosi tetap konsisten sepanjang diskografi mereka.

Grup ini telah mengumpulkan 206 penghargaan yang mengesankan selama tahun-tahun aktifnya. Mereka adalah grup yang paling dinominasikan dan mendapat penghargaan dalam sejarah di Brit Awards, termasuk menjadi satu-satunya artis yang memenangkan British Album of the Year tiga kali dan British Group empat kali.

Mereka telah menerima tujuh Grammy Awards, termasuk Album Musik Alternatif Terbaik untuk Parachutes dan A Rush of Blood to the Head, Album Rock Terbaik untuk Viva La Vida or Death and All His Friends, dan Song of the Year untuk “Viva La Vida".

Nah, sekarang sudah lebih dekat dengan Coldplay. Cuss hafalin lagu-lagu hitsnya sebelum waktu konser tiba.

sumber : https://ibuwarung.republika.co.id/posts/216951/nih-nama-anggota-coldplay-bukan-cuma-chris-martin
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler