Promosikan Pariwisata, Jawa Barat Libatkan 1.000 Kreator Konten

Sebanyak 1.000 kreator konten menyandang gelar Smiling West Java Ambassador.

ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sejumlah pengunjung berfoto di kawasan Wisata Curug Batu Templek, Cisanggarung Lebak, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (14/5/2023). Kawasan wisata yang memiliki lanskap alam air terjun yang terbentuk akibat pelapukan batu selama jutaan tahun tersebut ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan.
Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 1.000  kreator konten dari 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat siap mempromosikan pariwisata di wilayah Jawa Barat kepada publik. Mereka dinyatakan lulus seleksi dan menyandang gelar Smiling West Java (SWJ) Ambasaador.

"SWJ Ambasador didelegasikan untuk mempromosikan potensi wisata di Jabar,"ujar  Plh Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dalam keterangannya, Selasa (23/5/2023).

Uu menyebut sektor pariwisata merupakan salah satu roda penggerak perekonomian Jawa Barat dan kebangkitan pariwisata membuktikan Jawa Barat tetap eksis dan siap bangkit pasca pandemi Covid-19. Sebagai stimulus sektor pariwisata, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar menginisiasi duta pariwisata atau Smiling West Java Ambassador, yang berisikan kreator konten dan pegiat sosial media yang diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan dan kebangkitan pariwisata di Jabar.

"Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi penguatan daya tarik wisata serta bagian dari upaya pencapaian target kinerja pariwisata dan ekonomi kreatif Jawa Barat," kata dia.

Pelatihan Smiling West Java (SWJ) Ambassador 2023, dilaksanakan di Teater Tertutup Dago Tea House, Kota Bandung. Konsep SWJ Ambassador 2023, menurut Uu, juga menjadi sangat menarik ketika muncul unsur pemberdayaan masyarakat, terutama dalam pengembangan ekonomi kreatif. Hal ini sejalan dengan semangat empowering local content creator.

Uu ingin duta promosi pariwisata memiliki kecintaan kepada Jawa Barat karena hanya dengan mencintai dapat mempromosikan daerahnya dengan setulus hati. Uu menuturkan pula bahwa SWJ Ambassador merupakan sebuah refleksi ketika orang melihat keindahan wisata suatu daerah terpancar dalam diri pribadi duta itu.

"Menjadi duta promosi pariwisata adalah sebuah kehormatan karena telah terpilih untuk berada pada garis depan sekaligus menjadi titik sentral pariwisata di Jawa Barat," ujarnya.

Baca Juga


Sebelum terjun ke lapangan, para duta promosi pariwisata diasah terlebih dahulu, tak hanya keterampilan teknis dalam membuat konten, namun juga dilatih soft skills. Keterampilan itu diharapkan menjadikan para duta pariwisata semakin piawai dalam mengenalkan Jawa Barat kepada dunia.

"SWJ Ambassador nantinya merupakan mitra pemerintah sebagai agent of change dalam pemajuan industri pariwisata di Jabar, juga menjadi bagian dari ekosistem Smiling West Java yang diharapkan dapat terus menginspirasi," tuturnya.

Wisata religi
Uu juga berpesan bahwa selain wisata jabal (pegunungan) dan bahari, para duta pariwisata juga didorong turut mempromosikan wisata religi yang ada di Jabar. Ia menyebut awa Barat terdiri dari daratan dan lautan, potensi yang sangat luar biasa baik di wilayah utara maupun selatan.

"Begitu juga kita tidak menutup mata Jabar ada wisata religi yang banyak dikunjungi pendatang," kata Uu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler