Siapa Klub Paling Bernilai di Dunia, Forbes: MU Kalahkan Manchester City

MU mengalahkan klub-klub besar sepak bola lainnya termasuk Manchester City.

.
Rep: dip purwadi Red: Partner
Real Madrid (Twitter/@realmadriden)

KARTUMERAH – Forbes telah merampungkan laporan tahunan terkait daftar 30 klub olahraga paling bernilai (valuable club) di dunia. Hasilnya, raksasa Real Madrid masih memegang posisi nomor satu.


Di antara klub-klub olahraga dunia, hanya klub NBA Golden State Warriors yang mampu menyaingi Los Blancos. Kedua tim memiliki taksiran nilai sekitar 6 miliar dolar AS (Ro 89,68 triliun).

‘’Real Madrid menempati posisi pertama dengan valuasi 6,07 miliar dolar AS (Rp 90,73 triliun). Nilainya naik 19 persen dari tahun lalu,’’ sebut laporan majalah finansial ternama AS seperti dikutip Marca.

Forbes menyebut kenaikan nilai valuasi Real Madrid salah satunya dipicu oleh keberhasilan memenangkan lima dari sembilan partai final Liga Champions. Selain itu, Real Madrid juga telah mengamankan hampir 400 juta dolar AS dari Sixth Street and Legends sebagai bagian dari kontrak 20 tahun untuk meningkatkan pendapatan di stadion Santiago Bernabeu.

Sementara, 30 tim sepak bola paling berharga di dunia bernilai rata-rata 2,17 miliar dolar AS (Rp 32,41 triliun). Pada tahun lalu, sebanyak 20 tim teratas memiliki valuasi rata-rata 2,53 miliar dolar AS (Rp 37,79 triliun).

Sebaliknya, 20 klub sepak bola paling berharga tahun ini memiliki nilai rata-rata 2,89 miliar dolar AS (Rp 43,17 triliun). Nilainya naik sekitar 14 persen.


Di bandingkan dengan klub sepakbola dunia, Real Madrid hanya bisa disaingi oleh Manchester United. Meskipun, perbedaan nilai valuasinya terbilang tidak terlalu jauh.

Forbes mencatat Manchester United menempati posisi kedua setelah Real Madrid. Klub berjuluk Setan Merah itu memiliki valuasi senilai 6 miliar dolar AS (Rp 89,62 triliun). MU terpaut sebesar Rp 1,11 triliun dari nilai valuasi Real Madrid.

‘’Forbes menunjukkan bahwa Manchester United, yang berada di urutan kedua dalam daftar, dapat segera dijual dengan harga sekitar 6 miliar dolar. Nilainya 7,7 kali lipat pendapatannya,’’ sebut Marca.

Meski demikian, MU mengalahkan klub-klub besar lainnya termasuk Manchester City yang selalu memenangkan gelar juara Liga Inggris dalam lima musim terakhir. ‘’Tetangga Berisik’ dari Manchester United itu menempati posisi kelima dengan nilai valuasi 4,99 miliar dolar AS (Rp 74,54 triliun).

Manchester City masih kalah dari Barcelona dan Liverpool yang masing-masing berada di urutan ketiga dan keempat. Barcelona memiliki nilai valuasi 5,51 miliar dolar AS (Rp 82,30 triliun), sementara Liverpool nilai valuasinya 5,29 miliar dolar AS (Rp 79,02 triliun).


Berikut daftar lengkap valuasi dari klub-klub sepak bola dunia versi majalah Forbes.

sumber : https://kartumerah.republika.co.id/posts/220205/siapa-klub-paling-bernilai-di-dunia-forbes-mu-kalahkan-manchester-city
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler