Bukan Hanya TikTok, Cina Punya Banyak Medsos Populer

Di Cina, TikTok dikenal sebagai Douyin.

network /Vidita
.
Rep: Vidita Red: Partner
Unsplash/Solen Feyissa

Di Negeri Tirai Bambu, selain TikTok, terdapat beberapa media sosial yang sangat populer di kalangan pengguna lokal. Beberapa di antaranya adalah:


• WeChat (Weixin)

WeChat adalah platform komunikasi yang sangat populer di Cina. Selain sebagai aplikasi pesan instan, WeChat juga menyediakan fitur-fitur seperti panggilan suara dan video, pengiriman pesan suara, berbagi foto dan video, bermain gim, membayar tagihan, membeli tiket, dan banyak lagi.

WeChat juga memiliki fitur "Moments" yang mirip dengan lini masa pada Facebook, di mana pengguna dapat membagikan pembaruan, foto, dan video kepada teman-teman mereka.

• Sina Weibo

Sina Weibo adalah platform mirip Twitter yang sangat populer di Cina. Pengguna dapat memposting pesan pendek, mengikuti akun publik, berbagi foto dan video, dan berpartisipasi dalam diskusi daring.

Sina Weibo juga menjadi platform penting untuk mendapatkan berita, informasi, dan tren terkini.

• Tencent QQ

Tencent QQ adalah platform pesan instan yang telah lama ada di Cina. Awalnya diluncurkan pada 1999, QQ memiliki fitur pesan teks, panggilan suara dan video, serta berbagai fitur lainnya.

Tencent QQ juga menawarkan fitur seperti grup obrolan, gim, dan pengiriman pesan suara.

• Douyin (versi Cina dari TikTok)

Douyin adalah versi Cina dari TikTok yang dikelola oleh ByteDance, perusahaan induk TikTok. Douyin adalah platform berbagi video pendek yang sangat populer di China dengan berbagai konten kreatif dan viral.

• Xiaohongshu (Little Red Book):

Xiaohongshu adalah platform media sosial yang fokus pada gaya hidup, kecantikan, perjalanan, dan e-commerce. Pengguna dapat berbagi pengalaman, ulasan produk, dan tips dengan komunitas, serta membeli produk langsung melalui platform tersebut.

• Bilibili

Bilibili adalah platform yang populer di kalangan penggemar animasi, komik, dan permainan, seperti anime, manga, dan gim. Pengguna dapat menonton, membuat, dan berbagi video berkualitas tinggi tentang topik ini.

sumber : https://digitaldonat.republika.co.id/posts/223530/bukan-hanya-tiktok-cina-punya-banyak-medsos-populer
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler