Pengakuan Terakhir Luis Milla Soal Persib Sebelum Mundur

Persib menyebut alasan mundurnya Luis Milla karena masalah keluarga.

Dok Republika
Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono (paling kiri), Pelatih Luis Milla, Komisaris Umuh Muchtar dan Komisaris Kuswara S Taryono menggelar konferensi pers terkait keputusan pelatih Luis Milla mundur dari pelatih karena alasan keluarga di Graha Persib Bandung, Sabtu (15/7/2023).
Rep: Muhammad Fauzi Ridwan Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung merilis informasi mengagetkan pada Sabtu (15/7/2023) ini. Luis Milla, pelatih asal Spanyol mengundurkan diri, padahal Persib baru melakoni tiga laga Liga 1 pada musim ini.

Baca Juga


"Memang informasi dari Luis Milla diinformasikan ke kami sangat mendadak dengan informasi dan keputusan yang diambil ada masalah pribadi keluarga yang harus kita hormati dan diputuskan beliau," ucap Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono di Graha Persib Bandung, Sabtu. 

Tidak hanya itu, ia menuturkan Manuel Perez Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez turut memutuskan untuk mundur dari jajaran staf pelatih. Teddy mengatakan tim tetap harus berjalan mengikuti kompetisi dan menghadapi tantangan yang ada. 

"Karena asisten satu kesatuan dengan Luis Milla maka semuanya mundur," kata Teddy. 

Untuk sementara waktu, pos pelatih akan diisi oleh Yaya Sunarya,  dibantu oleh Bayu Eka Surya dan Luizinho Passos. Teddy mengatakan, tim komisaris dan direksi akan mencari calon pengganti kepala pelatih. Mereka akan mengulas beberapa kandidat yang diharapkan secepatnya mendapatkan pengganti. 

"Kami mencari calon pengganti kepala yang akan segera kita review beberapa kandidat. Mudah-mudahan secepatnya kita mendapatkan pengganti," kata dia. 

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara S Taryono mengaku kaget dengan keputusan Luis Milla. Namun, Persib Bandung menghargai keputusan tersebut terlebih hal itu terkait dengan keluarga. 

"Mudah-mudahan kita doakan keluarga, anak dan istrinya lekas sembuh," ungkap dia. 

In Picture: Persib Bandung Imbang Melawan Dewa United FC

 

 

Pada musim 2023/2024, Luis Milla baru mendampingi di tiga laga pembuka Liga 1 dengan semuanya berakhir imbang. Sebelumnya pada musim lalu, Luis Milla sempat mengangkat Persib dari zona degradasi hingga akhirnya finis di urutan ketiga Liga 1.

Luis Milla masih melakoni konferensi pers resmi seusai laga Persib vs Dewa United pada Jumat (14/7/2023) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Pada kesempatan itu, ia mengakui, bahwa timnya lambat bereaksi saat laga melawan Dewa United, namun menolak timnya dinilai telat berkembang. 

"Ini bagian proses, tim sudah bermain bagus," ungkap dia. 

Keputusan Luis Milla mundur pun menjadi sangat mengagetkan, karena pada sesi konferensi pers itu, dirinya tetap optimistis laga-laga ke depan Persib akan diakhiri dengan raihan tiga poin. Apalagi, menurutnya, Persib selalu memberikan tontonan menarik meski hasil akhir tidak seperti yang diharapkan. 

"Persib selalu memberikan tontonan yang sangat bagus, yang penting spirit pemain, semangat, kerja kerasnya dan apalagi tadi main kurang satu pemain malah menunjukkan passion," kata Luis Milla.

Melawan Dewa United, Luis Milla secara khusus mengapresiasi gol tendangan bebas Ezra Walian yang menyelamatkan Persib dari ancaman kekalahan pertama pada musim ini. 

"Gol Ezra bagus sekali, sepak bola pertunjukan sangat penting tapi penting juga tiga poin. Kami ambil positifnya saja, semangat pemain passion-nya luar biasa," ucap dia. 

Untuk proyeksi ke depan, Luis Milla mengaku telah bertemu manajemen Persib untuk mendatangkan satu pemain lagi. Sebab, gelandang Tyrone Del Pino mengalami cedera.  

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler