Ada Bandara Kertajati, Warga Bandung Lebih Pilih Terbang dari Soekarno-Hatta

Harga pesawat dari dan akses menuju Soekarno-Hatta lebih mudah dan murah.

Dok. Laily Rachev - Biro Pers
Presiden Jokowi saat meninjau kegiatan dan fasilitas di Bandara Internasional Kertajati di Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).
Rep: Arie Lukihardianti Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Untuk mendukung transportasi menuju Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Damri telah menyiapkan tiga rute ke Kertajati. Salah satu rutenya adalah Bandung menuju Bandara Kertajati.

Baca Juga


Adanya rute ke Bandara Kertajati ini tak terlalu disambut antusias oleh masyarakat Bandung yang sering bepergian menggunakan pesawat. Menurut Warga Jatihandap Kota Bandung, Tia Setiani, walaupun ada bus langsung ke Kertajati tapi ia memilih untuk terbang di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

"Kalau saya lebih memilih ke Jakarta aja daripada ke Kertajati. Soalnya harga tiket pesawatnya lumayan beda Rp 200 ribu. Kan harga travel dari Bandung ke Bandara juga nggak jauh beda dengan ke Kertajati tapi harga pesawatnya lebih murah," ujar Tia kepada Republika.co.id, Selasa (1/8/2023).

Tia mengatakan, sebagai orang Bandung ia lebih senang kalau bandara Husein Sastranegara tetap diaktifkan. Jadi, perjalanan ke luar kota menggunakan pesawat tak akan terlalu jauh. 

"Ya tapi kalau Bandara Huseinnya ditutup, yaa saya kepaksa terbang dari Jakarta dari pada ke Kertajati," katanya.

Tia mengatakan, ia sering bepergian ke luar kota menggunakan pesawat terbang karena harus mendampingi suaminya saat bertugas. Yakni, dari mulai pergi ke Bali, Padang hingga Batam.

"Ya lumayan sering pakai pesawat, makanya kalau harga tiket beda Rp 200 ribu saja kan lumayan," katanya.

Hal senada diungkapkan Ola Sukma warga Antapani Kota Bandung. Menurutnya, ia lebih suka terbang dari Jakarta dari pada melalui Kertajati karena di Bandaranya selain luas juga lengkap.

"Saya lebih suka terbang dari Jakarta karena sudah terbiasa jadi rasanya kayak dekat ga terlalu jauh. Kalau ke Kertajati karena belum terbiasa jadi kayak berasa jauh yaa," katanya.

Perlu diketahui, setelah nantinya penerbangan sipil Bandara Husein dialihkan ke Bandara Kertajati, masyarakat Bandung dan sekitarnya yang ingin terbang ke berbagai daerah dan luar negeri nantinya bisa memanfaatkan Tol Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) untuk menuju Bandara Kertajati.

Ada tiga rute yang bisa dilayani Damri menuju Bandara Kertajati. Ketiga rute tersebut adalah Bandung-Bandara Kertajati dengan tarif Rp 150 ribu, Cirebon-Bandara Kertajati Rp 80 ribu, dan Kuningan-Bandara Kertajati Rp 100 ribu.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler