Kenangan Valentino Rossi Bersama Honda NSR 500, Motor Sang Raja Berjuluk 'Suicide Machine'

Rossi mengawali karier di kelas 500cc pada tahun 2000 dengan motor NSR500.

EPA-EFE/Kai Foersterling
Motor-motor yang pernah ditunggangi legenda MotoGP, Valentino Rossi.
Rep: Anggoro Pramudya Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Motor NSR500 merupakan jagoan milik tim Honda di ajang MotoGP ketika masih bernama GP500. Kuda besi ini bahkan dijuluki sebagai 'Suicide Machine'.

Motor NSR500 ini pernah jadi tunggangan legenda balap seperti Freddie Spencer, Mick Doohan, Alex Criville, hingga Valentino Rossi.

Rossi sendiri mengawali karier di kelas 500cc pada tahun 2000 dengan motor NSR500 tim Nastro Azzurro Honda. Nama MotoGP digunakan pada 2002 ketika adanya perubahan regulasi dari 2tak ke 4tak 990cc.

Meski pada akhir klasemen GP500 musim 2000 Rossi gagal menjadi juara dengan menempati posisi kedua klasemen, tetapi, prestasinya sangat luar biasa mengingat ia merupakan debutan di kelas primer.

Menjadi newbie dan bersaing bareng senior di kelas GP500 tentu tidak mudah. Pasalnya, motor 499cc dengan engine 2 tak V4 112 derajat memiliki top speed mencapai 310-320 km/jam sangat susah dikendalikan karena powernya yang liar.

"Motor 500cc (NSR) sangat kuat dan buas. Jika Anda tancap gas terlalu cepat, maka Anda akan terjatuh meski tidak melakukan kesalahan," kata Valentino Rossi beberapa waktu lalu, dikutip lagi pada Jumat (4/8/2023).

Pemilik tujuh gelar juara MotoGP mengeklaim, karakter motor NSR sangatlah ringan, gesit dengan power yang begitu responsif terhadap throttle.

"Jika menikung sambil menekan gas terlalu kencang motor akan melawan, dan bisa ditebak Anda akan terpental. Jatuhnya akan sakit karena roda belakang selip, istilah tekniknya 'high side' dan itu tidaklah menyenangkan," sambung the Doctor, julukan Rossi.

Baca Juga


Lebih lanjut Rossi menyebut, perlu teknik khusus dan keberanian saat mengendarai motor NSR500.

"NSR500 adalah motor yang paling menarik. Jarang ada pembalap yang cocok dengan motor tersebut. Motor paling sulit dikendarai. Pilihannya, Anda mengendalikannya atau ia menyiksa Anda, tidak ada kompromi!"

Musim perdana GP500 2000 Rossi meraih 10 kali podium dari 13 seri balapan yang diadakan di mana dua di antaranya adalah kemenangan yang diraih the Doctor di Sirkuit Donington Park Inggris serta Rio de Janeiro Brasil.

Rossifumi total mengumpulkan 209 poin terpaut 49 poin dari juara dunia GP500, Kenny Roberts Jr, dari tim Suzuki.

Baru pada musim berikutnya, 2001, Rossi sukses meraih gelar juara dunia pertamanya di kelas para raja. Sejak saat itu namanya semakin terkenal di seantero dunia karena the Doctor berhasil juara dengan motor satelit Nastro Azzurro.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler