Festival Hijriah, Didik Nini Thowok: Membuka Wawasan Keragaman Seni

Festival hijriah berikan wawasan baru akan keragaman seni dan budaya.

Republika/Thoudy Badai
Seniman Didik Hadiprayitno atau Didik Ninik Thowok (tengah) menyaksikan penampilan tarian seni Xinjiang saat gelaran Republika Festival Hijriah di Jogja Expo Center, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (7/8/2023). Republika Festival Hijriah digelar oleh Republika bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Komite Tiongkok dalam rangka menyambut 1 Muharram 1445 Hijriah yang berlangsung hingga 10 Agustus mendatang di sembilan kota. Kota Yogyakarta merupakan kota yang ke delapan dan akan ditutup di Kota Surabaya pada 10 Agustus mendatang. Selain tausiyah, gelaran Festival Hijriah juga menghadirkan beragam kegiatan seperti bazar UMKM dan penampilan seni budaya Xinjiang dari komunitas muslim Xinjiang.
Red: Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Seniman Tari Didik Nini Thowok mengaku takjub dengan gelaran Festival Hijriah. Menurutnya kegiatan seperti ini perlu mendapatkan apresiasi. Terlebih dengan hadirnya grup seni muslim Xinjiang di Festival Hijriah.


Menurutnya Festival Hijriah mampu membuat masyarakat Indonesia mendapatkan wasawan baru dalam dunia seni. Penampilan grup seni muslim Xianjiang juga turut menunjukan bahwa di Cina juga ada masyarakatnya yang memeluk agama Islam.

Kemasan dan penampilan dari grup seni muslim Xinjiang di Festival Hijriah menurutnya juga sangat apik. Didik melihat semuanya digarap dan dikerjakan secara sangat profesional.

 

 

 

 

Videografer/Video Editor | Fian Firatmaja

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler