Jika Jadi Presiden, Ini Strategi Prabowo Bawa Transformasi Menuju Indonesia Emas 2045

Prabowo targetkan Indonesia bisa mencapai peringkat 5 negara besar dunia.

Republika/Wihdan Hidayat
Bakal calon presiden (Bacapres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyampaikan gagasan saat Mata Najwa 3 Bacapres Bicara Gagasan di Grha Sabha Pramana, UGM, Yogyakarta, Senin (19/9/2023). Selama 90 menit Bacapres Prabowo Subianto ditantang berbicara gagasan dan menjawab pertanyaan bagaimana nanti memimpin Indonesia yang dipandu oleh Najwa Shihab. Topik paling banyak dipilih yakni terkait Korupsi dan Penegakan Hukum, lapangan kerja, dan kebebasan berpendapat paling banyak disorot untuk Prabowo yang tampil pada sesi ketiga. Prabowo juga memaparkan tentang rencana jangka panjang Indonesia Emas yang menitik beratkan pemberantasan kemiskinan dan fokus di dunia pendidikan.
Rep: Febrianto Adi Saputro Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bakal Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto menyampaikan gagasannya di acara "3 Bacapres Bicara Gagasan" di Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (19/9/2023). Prabowo memaparkan gagasannya mengenai strategi transformasi bangsa menuju Indonesia emas 2045.

Baca Juga


"Semua pakar mengambil kesimpulan  bahwa semua indikator ekonomi Indonesia menunjukan bahwa kita pada tahun 2045 akan menjadi negara ke- 4 atau ke-5 termakmur di dunia," kata Prabowo, Selasa.

Prabowo mengatakan target Indonesia emas yang dimaksud yaitu ketika produksi domestik bruto yang saat ini (tahun 2023) 1,4 Triliun dolar AS, menjadi  9,8 Triliun dolar AS pada  2045. Selain itu saat ini posisi ranking PDB dunia Indonesia berada di peringkat 16 besar dunia. Ia menargetkan di 2045 nanti Indonesia bisa mencapai peringkat 5.  "Income kita, penerimaan kita adalah 4.580 dolar AS kita menuju 30 ribu dolar AS per kapita," ucapnya. 

Prabowo juga mengatakan untuk menjadi negara yang makmur maka yang diperlukan adalah bagaimana Indonesia menjadi negara high income. Oleh karena itu pendapatan Indonesia harus tumbuh minimal 6-7 persen setiap tahun. "Itu adalah target," ungkapnya.

Prabowo mengungkapkan, untuk mencapai target itu, ia telah mendengarkan penjelasan 60 pakar dari berbagai bidang. Hasilnya telah dirumuskan 17 program prioritas. 

"Pertama, kita harus mencapai swasembada pangan. Dan saya yakin ini bisa kalau kita laksanakan dengan benar kita bukan saja jadi swasembada, kita bisa jadi lumbung pangan dunia, itu cita-cita," ucapnya.

Selain itu Prabowo menambahkan, Indonesia harus berani memberantas kemiskinan. Selain kemiskinan, korupsi juga menjadi salah satu faktor penghambat keberhasilan Indonesia.  Untuk itu pemberantasan korupsi juga menjadi program prioritasnya nanti. 

"Kita mampu menghilangkan kemiskinan di bumi Indonesia. Kemudian, dalam rangka itu kita harus juga memberantas korupsi, korupsi adalah penyakit yang akan menghambat kita dan harus kita selesaikan," kata dia. 

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan perlunya peningkatan pelayanan kesehatan dan obat untuk rakyat. Selain itu penguatan terhadap pertahanan negara juga perlu dilakukan.  "Kita harus kuatkan pertahanan negara kalau lemah kita akan diinjak-injak dan dijajah kembali saudara-saudara, tidak ada yang lemah bisa survive," ucapnya. 

Sejumlah gagasan Prabowo lainnya yakni perlu swasembada air, meningkatkan keuangan negara, menjamin ketersediaan pupuk bagi petani. Kemudian Prabowo juga mendukung untuk dilanjutkannya hilirisasi dan industrialisasi.

"Dengan hilirisasi komoditas-komoditas kita sekarang di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo kita tidak mau komoditas kita, sumber alam kita diekspor dijual murah ke bangsa lain kita tidak mau," kata dia.  

Sejumlah program prioritas lainnya yang akan ia lakukan untuk mencapai Indonesia Emas tahun 2045 yakni perlunya rumah murah untuk masyarakat desa, reformasi politik hukum dan demokrasi, menjamin kelestarian lingkungan hidup, kelestarian seni budaya, dan meningkatkan ekonomi kreatif.

Selain itu perlu juga membangun sekolah-sekolah unggul terintegrasi di setiap kabupaten, Memberi makan siang dan susu gratis di sekolah, bantuan gizi untuk ibu-ibu hamil, melanjutkan program Indonesia sehat, kartu Indonesia pintar, kartu sembako, kartu pra kerja, program keluarga harapan, serta menaikkan gaji guru aparatur sipil negara TNI polri dan kepala desa dan perangkat desa

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler